Dinas Sosial Gelar Bimtek Bagi Operator SIKS-NG

Dinas Sosial Gelar Bimtek Bagi Operator SIKS-NG

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Sosial laksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data, Informasi dan Pengaduan, Pengolah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada 18 orang operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) untuk tiga belas kelurahan di Kota Solok.

Bimtek ini dihadiri oleh Walikota yang diwakili oleh Asisten  I Drs. Muhammad, M.si, Kepala Dinas Sosial  Zulfadli, Narasumber dari Provinsi Drs. Suyanto dan Detty Ervita, Kabib BKS Rosmiati, Kasi data dan Informasi Nemi Satrina berserta jajaran Dinas Sosial Kota Solok. Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 04 s/d 05 Maret 2021 di Aula Bappeda lantai 2.

Pada laporannya Zulfadli mengharapkan dengan adanya kegiatan ini agar Operator SIKS-NG Kelurahan dapat melaksanakan verifikasi dan menginput Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Data itu penting dan menjadi inspiratif untuk apapun yang kita rencanakan. selama ini kita tidak menghargai data. Contohnya data kemiskinan antara intansi pasti berbeda, ini karena banyaknya polesan hingga berbeda. Kedepanya diharapkan untuk lebih menghargai data. Data kemiskinan diharapkan data dari bawah, meja pertamanya adalah Operator SIKS-NG sehingga kerja keras kawan-kawan sangat diharapkan. Sehingga kekuatan data itu dapat dipertanggung jawabkan. Sambut Muhammad meresmikan pembukaan acara Bimtek Operator SIK-NG,” ujar Kadis Sosial.

Pada bimbingan teknis hari pertama Suyanto menyampaikan beberapa fakta dan mitos perihal verivali data yakni yang muncul dalam  verivali / finalisasi data kurang waktu, sudah meninggal masih muncul, terdapat PNS, Pensiunan, DPRD dan Camat, aktif mendaftarkan sanak family, muskel dilaksanakan, pengiriman data payah, yang mampu masih muncul, yang miskin belum masuk, NIK sudah padan (Valid), Pengisian form data rumit dan melelahkan dan Banyak pihak yang complain.

“Verifikasi Data adalah proses pemeriksaan data untuk memastikan   pendataan yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan memastikan data yang telah dikumpulkan atau dimutakhirkan sesuai dengan fakta di lapangan dan Validasi Data adalah proses pengesahan data dengan memastikan dan memperbaiki data sehingga data valid atau telah memenuhi aturan validasi,” jelas Suyanto.

Faktor utama penentu ketepatan sasaran bansos adalah individu di dtks beserta data pokoknya dapat teridentifikasi, penjangkauan masyarakat miskin baru, keakuratan perangkingan/pengelompokkan rumah tangga miskin dan Penentuan/graduasi KPM bansos.

Catatan penting yakni Segera verivali dan usulkan yang baru, Berita Acara Muskel wajib, Kejujuran Petugas Data, Terima pendaftaran seseorang secara aktif, NIK harus  valid, Aktif penyebaran informasi dan Pemasangan stiker penerima bansos Terdeteksi 3 M : mampu, meninggal dan meninggalkan tempat DTKS ditetapkan oleh Menteri Sosial, tutup Suyanto.

Pelatihan hari kedua Detty langsung memberikan praktek cara mengisi blanko DTKS dan peserta langsung berlatih untuk menginput data verivali dan data usulan baru ke applikasi SIKS-NG.

Selanjutnya acara ditutup oleh Kabib BKS, Rosmiati berharap operator SIKS-NG yang telah dipilih ini dapat bekerja dengan teliti dalam penginputan data, ikhlas, jujur agar data DTKS kita ini akurat. (ra)

 

 

 

Tags: , , , , , , , ,