Dinas Sosial Jemput Bola ke Kelurahan untuk Serahkan Kartu BPJS Khusus

Dinas Sosial Jemput Bola ke Kelurahan untuk Serahkan Kartu BPJS Khusus

Solok, (Info Publik Solok) – Pemerintah Pusat melalui Pemerintah daerah memberikan perhatian khusus pada warga yang masuk DTKS. Akurasi data ini menjadi basis data program bantuan sosial pemerintah di semua kementerian, termasuk jaminan kesehatan nasional (JKN).

Penerima PBI-JK ini adalah warga tidak mampu sesuai DTKS yang telah diperbaiki berdasarkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), termasuk data bayi yang belum ada NIK.

Dinas Sosial menjemput bola dalam penyerahan Kartu BPJS Khusus. Menurut Kasi Data dan Informasi Dinas Sosial Kota Solok, Nemi Satrina menjelaskan, “Hasil pemantauan dan evaluasi kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK), masih banyak permintaan warga miskin dan tidak mampu untuk di daftarkan sebagai peserta PBI JK, baik secara langsung melalui pemerintah Provinsi maupun melalui usulan Kabupaten- Kota,” jelas Nemi Satrina, Rabu (20/4)

Mencermati data yang ada, Pemerintah Daerah Kota Solok menginisiasi guna Pemadanan Data Peserta JKN KIS Tahun 2022. Karena tertib data adalah solusi bagi warga miskin untuk mengantongi BPJS Kesehatan.

“Kita melihat perbandingan data yang ada, Dinas Sosial menduga ada indikasi kemungkinan adanya kepesertaan yang tidak tepat sasaran. Indikasi tersebut terendus dengan banyak data usulan kepesertaan yang ditolak karena peserta yang diusulkan sudah terdaftar. Mirisnya, meski sudah dilaporkan terdaftar di PBI JK, namun mereka warga tidak mampu yang tidak mengantungi Kartu BPS Kesehatan,” tambah Nemi.

Dinas Sosial Kota Solok telah melakukan pemilahan data by name by adress (BNBA) sampai tingkat Kelurahan. Tujuannya dalam rangka memudahkan Pemerintah Kota Solok menggerakkan potensi SDM Pemerintahannya untuk menindaklanjuti langsung di Kelurahan, sehingga mendapakan feedback berupa perbaikan data efektif dan akurat.

Dalam kesempatan ini Kasi Data dan Informasi menyerahkan 3 buah Kartu BPJS Khusus yang sudah terdaftar di PBI JK, yaitu warga RT 002 RW 002, warga RT 001 RW 004 dan warga RT 001 RW 005 di Kelurahan Simpang Rumbio. Kartu BPJS ini beda dari kartu BPJS yang terdahulu dan telah diserahkan ke kelurahan, dan pihak kelurahan melalui Ketua RT dan RW juga sudah mengambilnya ke Kantor Lurah dan langsung diberikan kepada warganya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan tidak menduga bahwa adanya kartu BPJS ini, semoga kartu BPJS ini bisa dimanfaatkan oleh warga kami dalam rangka pengobatan apabila warga tersebut sakit. Ini sangat membantu sekali buat warga kami yang kurang mampu,” kata Kasi Kesra Kelurahan Simpang Rumbio, Khairul, SH. (amf)

Tags: , , , ,