Dinas Sosial Tutup Akhir Tahun 2020 Dengan Laksanakan Empat Kegiatan Penyaluran Bantuan Sosial

Dinas Sosial Tutup Akhir Tahun 2020 Dengan Laksanakan Empat Kegiatan Penyaluran Bantuan Sosial

Solok, (InfoPublikSolok) – Dipengujung tahun 2020 Dinas Sosial menuntaskan empat kegiatan yang berkaitan dengan penyaluran bantuan sosial. Kegiatan pertama yang dilaksanakan Peresmian Kegiatan Forum Keserasian Sosial Rawang Gumanta di RT 01 RW 01 Kelurahan Aro IV Korong Kecamatan Lubuk Sikarah, pada Rabu (30/12/ 2020).

Zulfadli menjelaskan jumlah dana yang diterima oleh Forum Keserasian Sosial (FKS) Rawang Gumanta dari Kementerian Sosial RI. Rp 150.000.000. Dari Keseluruhan anggaran yang diterima, Rp.100 juta digunakan untuk pembuatan dan pengerasan jalan lingkar Rawang Gumanta.

“Ada pun tujuan pembuatan dan pengerasan jalan masyarakat tersebut, untuk prasarana jalan lingkungan warga. Diharapkan pula setelah terbangunnya jalan dapat difungsikan untuk sarana jalan masyarakat sehingga akan terjalin ukhuwah Islamiyah serta mempererat tali silaturahim,” kata Zulfadli.

Selesai peresmian kegiatan Forum Keserasian Sosial dilanjutkan dengan pemberian bantuan untuk mantan Napi, berupa alat kerja untuk pembuatan gerobak di Kelurahan VI Suku, senilai Rp 13 juta. Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Zulfadli yang didampingi oleh Rahmad Budi Setiawan, Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial.

“Agar para mantan napi ini tidak kembali membuat kesalahan, yang membuatnya kembali menghuni jeruji besi karena tidak adanya lapangan pekerjaan dan modal untuk memenuhi kebetuhan. Pemerintah berperan penting untuk membantu para mantan napi ini dalam memberikan peluang, bantuan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup,” tutur Zulfadli di sela sela pemberian bantuan.

Kegiatan ketiga Dinas Sosial Pemberian bantuan berupa bahan bangunan untuk Korban kebakaran a.n Risno Fiardi di Kelurahan Nan Balimo senilai Rp 16 juta. Pada kegiatan ini Zulfadli didampingi oleh Bapak Usri selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Pelayanan dan Jaminan Sosial dan staf.

Kegiatan penutup di ujung tahun 2020, Dinsos menyerahkan bantuan untuk keluarga Pak Rahman di Kelurahan Kampung Jawa sebanyak 4 Orang masing-masing Rp 400.000,- bantuan ini berasal dari Baznas Kota Solok yang diterima setiap bulan. Keluarga penerima manfaat bantuan dari Baznas ini merupakan lanjutan bantuan yang sebelumnya rumahnya dibedah karena sudah tidak layak huni.

“Alhamdulillah kita tuntaskan kegiatan dipengujung tahun ini. Kalau dikerjakan secara bersama-sama yang sulit bisa jadi mudah, yang berat bisa jadi ringan yang mahal bisa jadi murah. Terima kasih kepada semua, semoga menjadi amal ibadah dan dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda, Aamiin,” tutup Zufadli. (ra)

li.

Tags: , , , , , , , ,