Dinkes Gelar Edukasi Penggunaan Alat dan Perbekalan Kesehatan

Dinkes Gelar Edukasi Penggunaan Alat dan Perbekalan Kesehatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Kota Solok selenggarakan kegiatan Edukasi Gerakan Masyarakat terhadap penggunaan Alat Kesehatan (Alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) di Taufina Hotel, Selasa (28/8). Jumlah peserta pada acara ini sebanyak 35 orang yang terdiri dari Camat, Lurah, Kader Kesehatan, Ketua TPPKP Kecamatan, dan Apoteker.

Kabid PPSDK Dinas Kesehatan Kota Solok, dr. Hidayaturrahmi, M. Kes, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari acara edukasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta edukasi agar dapat memahami apa yang dimaksud dengan Germas dan bagaimana cara penggunaan obat yang baik dan benar, alat kesehatan yang benar dan perbekalan kesehatan yang benar.

“Banyak informasi yang diberikan dalam rangka untuk mencapai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sehat dalam penggunaan obat dan alat kesehatan serta perbekalan kesehatan, merupakan salah satu dari 10 indikator dari Germas,” ujar Kabid PPSDK.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan peserta yang mewakili dapat menjadi contoh nantinya serta sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan dalam rangka Germas dengan tujuan menyehatkan masyarakat Kota Solok, bagaimana penggunaan obat dan Alat Kesehatan yang baik dan benar serta menjadikan indikator Germas tersebut menjadi perilaku masyarakat untuk hidup sehat,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh drg. Eka Lusti, MM, narasumber mengatakan bahwa Alat Kesehatan juga merupakan reagen in vitro dan kalibrator, perangkat lunak, bahan atau material yang digunakan tunggal atau kombinasi. Sedangkan, PKRT yakni alat, bahan, atau campuran bahan untuk pemeliharaan dan perawatan untuk kesehatan manusia, yang ditujukan untuk penggunaan di rumah tangga dan fasilitas umum.

Narasumber juga menjelaskan bagaimana cara mengetahui alat kesehatan dan PKRT yang telah memiliki izin edar, yakni dengan cara pencarian berdasarkan nama produk, ketikan nama produk/ kata kunci yang akan dicari.

“Hal yang perlu dicermati sebelum menggunakan Alkes/ PKRT yakni lihat nama produk, jenis produk, varian, cara penggunaan, NIE, bahan aktif, isi kemasan, dan peringatan pabrik,” jelasnya.

“Contoh Alkes/ PKRT yaitu, penggunaan Pembalut Wanita yang benar, Timbangan Digital, penggunaan Termometer Digital, pemakaian Popok Bayi serta pemakaian Pestisida yang benar,” tambahnya. (ig)

Tags: , , , , , , ,