Dinkes Laksanakan Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan

Dinkes Laksanakan Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan laksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), di Ruang Pertemuan Mami Hotel, Jum’at (22/10/2021).

Acara ini dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Ardinal, SKM, MKM, Sekretaris Dinas Kesehatan Dra. Dessy Syafril, Apt, MPH, seluruh jajaran Pejabat Struktural Dinas Kesehatan, termasuk Kepala Puskesmas dan Bendahara BOK di Puskesmas, serta Juru Imunisasi Puskesmas se-Kota Solok.

Ardinal dalam sambutannya mengatakan BOK merupakan bantuan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah untuk mendukung operasional dalam rangka pencapaian program kesehatan prioritas nasional, khususnya kegiatan promotif dan preventif sebagai bagian dari upaya kesehatan masyarakat.

“Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, diselenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, dengan pendekatan promotif dan preventif, tanpa meninggalkan kuratif dan rehabilitatif secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan,” ujarnya.

Dalam konsep Pembangunan Nasional, Kementerian Kesehatan bertanggungjawab melaksanakan Program Indonesia Sehat, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam lingkungan hidup yang sehat, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat.

Lebih lanjut juga disampaikan, pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang kesehatan ini, tidak untuk mengambilalih tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pembiayaan pembangunan kesehatan di daerah, sebagaimana di atur dalam peraturan Perundangan-Undangan Pemerintahan Daerah dan peraturan Perundang-Undangan Bidang Kesehatan.

Pelaksanaan DAK Non Fisik Bidang Kesehatan tersebut, terdiri dari kegiatan pemanfaatan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), Jaminan Persalinan (Jampersal), dan Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Sementara pengelolaannya harus menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance) yakni transparan, efektif, efisien, akuntabel, dan tidak duplikasi dengan sumber pembiayaan lainnya.

“Dalam rangka penerapan kinerja BOK ini, maka perlu diadakan monitoring dan evaluasi, agar kegiatan yang sudah direncanakan dapat terlaksana tepat waktu dan segala hambatan dapat diselesaikan dengan segera,” tutup Ardinal. (es)

Tags: , , , , ,