Dinsos Kota Solok Memberikan Bimbingan Penggunaan Aplikasi SIKS-NG

Dinsos Kota Solok Memberikan Bimbingan Penggunaan Aplikasi SIKS-NG

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Sosial Kota Solok memberikan bimbingan penggunaan Aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation) kepada 13 orang operator kelurahan dan 8 (delapan) Perangkat Daerah penanganan kemiskinan  di Aula Dinas Sosial, Senin(12/3). Acara diikuti Kabid Bantuan Kesejahteraan Sosial Dinsos Kota Solok sebagai stakeholder, perwakilan BASNAS Kota Solok, undangan dari seluruh OPD yang terkait.

Kepala Dinas Sosial Dra. Hj. Rosavella YD, MM dalam sambutannya mengatakan “Aplikasi ini mempunyai manfaat yang besar dalam update data Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sehingga penekanan dan penuntasan kemiskinan di Kota Solok dapat berkurang (terukur) tiap tahunnya. Selain itu setiap Kelurahan dan Perangkat Daerah yang menangani kemiskinan dapat mengetahui program dan siapa saja yang telah ada di lingkaran penerima manfaat”, jelas Kadis.

Lebih jauh Rosa menyampaikan “.. setiap Perangkat Daerah atau pengambil kebijakan harus merujuk pada data BDT (Basis Data Terpadu) yang telah ditetapkan oleh Pusat dalam melaksanakan pogram. Dalam program tersebut operator di setiap kelurahan dapat menambahkan data calon KPM yang menurut hasil verifikasi di kelurahan memenuhi syarat untuk dimasukan ke dalam Aplikasi SIKS-NG”.

Acara ini dilanjutkan dengan diskusi seputar aplikasi. Salah satu peserta Afdalson, Operator Kelurahan KTK, mangatakan “Bimbingan ini sangat bermanfaat bagi kami pihak kelurahan dalam rangka menyampaikan pemecahan kebutuhan kesejahteraan sosial yang selalu terhenti pada kami. Kami berharap Dinas Sosial dapat melakukan pemantapan aplikasi ditempat kami” harap Afdalson. (mr)

 

Tags: , , , , ,