Dinsos Survey Rumah Tak Layak Huni Bagi Keluarga Tidak Mampu

Dinsos Survey Rumah Tak Layak Huni Bagi Keluarga Tidak Mampu

Solok, (MC Kota Solok) – Kepala Dinas Sosial Kota Solok, Dra. Hj. Rosavella YD, MM terjun lansung bergabung dengan tim mensurvey keadaan rumah tak layak huni (RTLH) di Kelurahan Se Kota Solok, Kamis (8/06/2017).

Dilapangan rosa menemukan sasaran calon penerima RTLH dan diakui benar ada warga Kota Solok yang bertempat tinggal di rumah tidak layak huni, namun masih banyak yang belum bisa memenuhi persyaratan contohnya rumah sangat pantas dibantu tetapi tanah bukan hak milik alias menyewa. Hal tersebut menjadi catatan baginya.

“Beko rumah lah dibantu sipemilik tanah ma usianyo lai”

Rosa menyampaikan Program rumah tidak layak huni merupakan program pengentasan kemiskinan yang dilakukan Kota Solok untuk pemerataan pembangunan dan menolong masyarakat yang belum bisa membuat rumah yang layak. Berbagai program pengentasan kemiskinan di Kota Solok merupakan program lintas sektor dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah, tambahnya.

Kepala Dinas Sosial ini lebih lanjut menjelaskan Program RTLH terdiri atas dua kategori, yaitu memperbaiki rumah yang tidak layak huni dan membangun kembali rumah yang tidak layak huni. Untuk tahun ini terdapat 20 unit RTLH yang di anggarkan melalui APBD Kota Solok pada dinas sosial, dengan jumlah nilai Rp.15.000.000,- ditambah upah tukang Rp. 3.000.000,-/Unit.

Kemudian rosa menambahkan, Dinas Sosial kota solok belum bisa menetapkan penerima untuk tahun ini, karena ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh calon penerima rumah tidak layak huni dan perlu dilakukan survey terlebih dahulu.

“Untuk program RLTH harus disurvei terlebih dahulu agar tepat sasaran, tambah Rosa. Tim survei akan memilih rumah yang tidak layak huni, dipilih berdasarkan mana yang paling mendesak kondisinya.

Di kesempatan yang sama Kasie Bantuan Sosial Dinas Sosial  Kota Solok Nemi Satrina, AKS menampaikan ada beberapa kreteria penerima Bantuan RTLH tahun ini diantaranya :

Kriteria  Rumah dinyatakan  Tidak Layak Huni ditetapkan berdasarkan Perwako Kota Solok tahun 2017 sebagai berikut :

  1. Masyarakat Miskin Kota Solok (dibuktikan memiliki KK dan KTP) yang mempunyai rumah tidak layak huni
  2. rumah dalam kondisi di huni, tidak dalam keadaan kosong;
  3. rumah dalam keadaan rusak (dinding, atap dan lantai);
  4. tidak memiliki pencahayaan matahari dan ventilasi udara ( lembab dan pengap );
  5. tidak memiliki pembagian ruangan / sekat / kamar;
  6. lantai terdiri dari tanah, cor kasar atau papan cora;dan
  7. tidak memiliki sumur / air bersih dan MCK.
  8. Rumah dan tanah milik sendiri dan sudah mempunyai sertikat, surat jual beli dan hibah;dan..
  9. Rumah yang akan dibantu telah ditempati minimal selama 5 Tahun.

Nemi berharap kepada tokoh Masyarakat apabila memukan rumah tidak layak huni yang memenuhi syarat untuk dibantu, silahkan kirimkan proposal ke Dinas Sosial dengan tembusan ke Kelurahan setempat. Sementara untuk tahun ini program ini akan direalisasikan minggu ke dua juli 2017. (MR)

Tags: , , , , , ,