Disdukcapil dan Bank Nagari Cabang Solok launching Inovasi Kirana

Disdukcapil dan Bank Nagari Cabang Solok launching Inovasi Kirana

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok dan PT. Bank Nagari Cabang Solok bersama-sama meresmikan layanan terintegrasi pemanfaatan KIA (Kartu Identitas Anak) melalui Inovasi KIRANA (Kartu Identitas Anak bersama Bank Nagari) bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI, Rabu (17/8) bertempat di ruang kerja Walikota Solok.

Launching inovasi kirana ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Walikota Solok, Zul Elfian Umar dengan PT. Bank Nagari Cabang Solok, Yosondra selaku Wakil Pimpinan Cabang.

Selain penandatanganan MoU, juga dilakukan penyerahan buku tabungan, voucher kirana dan KIA yang diserahkan oleh Wakil Walikota Solok, Ketua DPRD, Kajari Solok, Dandim 0309/Solok dan Kapolres Solok Kota kepada beberapa siswa Sekolah Dasar yang dihadirkan dan telah mengurus KIA pada Selasa (16/8) kemarin. Turut hadir pula jajaran dari PT. Bank Nagari Cabang Solok dan jajaran dari Disdukcapil Kota Solok untuk mendukung kegiatan tersebut.

Program layanan terintegrasi ini merupakan inovasi bersama antara PT. Bank Nagari dengan Disdukcapil berupa kerjasama pemanfaatan KIA dengan pemberian saldo tabungan untuk pembukaan perdana tabungan anak Bank Nagari (SIMPEL, Tahari Junior, Sikoci Pendidikan).

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Bank Nagari Cabang Solok, Yosondra menyampaikan program KIRANA ini dilakukan untuk menindaklanjuti kerjasama Bank Nagari dengan Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat.

“Setiap anak-anak usia di bawah 17 tahun yang membuka rekening di Bank Nagari, dan mereka sudah mengurus KIA sejak  program ini berlangsung, maka akan diberikan voucher Kirana, yaitu gratis saldo awal pembukaan tabungan senilai Rp5.000. Waktu pelaksanaannya adalah pada bulan Agustus sampai Desember 2022 sesuai dengan kuota yang ditetapkan per kabupaten/kota” papar Yosondra usai penandatanganan MoU.

Dalam kesempatan yang sama, Kadisdukcapil Kota Solok, Ratnawati berharap dalam rentang waktu yang telah ditetapkan ini akan ada peningkatan yang signifikan terhadap kepemilikian KIA bagi anak-anak yang belum memiliki KIA, sehingga semua hak-hak kependudukan bisa terpenuhi. (am)

Tags: