Disdukcapil Gelar Bimtek Pengenalan Aplikasi Warehouse

Disdukcapil Gelar Bimtek Pengenalan Aplikasi Warehouse

Solok, (InfoPublikSolok) – Menindaklanjuti Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 tentang persyaratan, ruang lingkup dan tata cara pemberian hak akses serta pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP-el, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Dukcapil telah melakukan perjanjian kerjasama dengan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Solok dengan menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan. Hal ini dilakukan karena Pemerintah Kabupaten/ Kota berwenang dan berkewajiban melayani pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP-el kepada lembaga pengguna yang meliputi OPD Kab/Kota dan badan hukum di Indonesia yang memberikan pelayanan publik yang tidak memiliki hubungan vertikal dengan lembaga pengguna ditingkat pusat.

Dinas Dukcapil telah menyediakan perangkat pendukung atau aplikasi warehouse yang dibangun oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil  melalui penandatanganan PKS antara Kadisdukcapil Kabupaten /Kota dengan Kepala/ Pimpinan lembaga pengguna tingkat Kabupaten /Kota yang akan dijalankan oleh operator pada masing-masing OPD. Dan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan operator tersebut, Disdukcapil telah mengadakan bimtek bagi operator pelaksana pemanfaatan data kependudukan pada Selasa 18/12 kemarin bertempat diaula Badan Kesbangpol Linmas.

Bimtek yang dihadiri oleh 50 orang peserta ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri RI yaitu Bapak AA. Azhari, S.Kom selaku Kepala Seksi Lembaga Pengguna Pemerintah Direktorat Fasilitasi dan Pemanfaatan Data Kependudukan Ditjen Dukcapil. Dalam bimtek tersebut beliau menjelaskan tentang juknis pemanfaatan data kependudukan serta pengenalan terhadap data warehouse kependudukan.

Bimtek ini juga merupakan tindak lanjut dari sosialisasi pada tanggal 14 Agustus lalu. Drs. Syaiful A yang membuka Bimtek secara resmi menyampaikan bahwasanya “Dari Bimtek ini diharapkan akan tercapainya kesepahaman secara yuridis formal dan teknis, antara Disdukcapil dengan calon pengguna manfaat data atau user, sehingga dapat dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama dalam pemanfaatan data kependudukan”, terang Kadis Capil. “Selain itu bimtek ini juga bertujuan untuk mengefektifkan pelayanan adminduk kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan, ketunggalan NIK dan dokumen kependudukan lainnya” tambah Syaiful. (am)

Tags: , , , , , , ,