Disdukcapil Kota Solok Raih Penghargaan Dukcapil Bisa

Disdukcapil Kota Solok Raih Penghargaan Dukcapil Bisa

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok kembali raih prestasi sebagai “Dukcapil BISA” dari Kementerian Dalam Negeri, pada hari ini Rabu (31/03), dokumen piagam penghargaannya diterima Disdukcapil.

Perhargaan “Dukcapil BISA” berdasarkan kriteria total penerbitan KTP, total penerbitan KIA, total penerbitan akte kelahiran, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan, penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada 18 dokumen kependudukan, layanan online, layanan terintegrasi, perjanjian kerja sama, serta akses data organisasi perangkat daerah. BISA adalah singkatan dari, B: Berkarya, I: Inovasi dan Inisiatif, S: Sabar namun penuh semangat, dan A: Adaptif dan amanah.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri  No: 861-450 Tahun 2021 tentang penerima penghargaan kategori “Dukcapil BISA” Tahun 2020 pada 5 Maret 2021 lalu. Berdasarkan keputusan tersebut menetapkan penerima penghargaan  kategori “Dukcapil BISA” skala nasional tahun 2020 sebanyak 30 kabupaten/kota  seluruh Indonesia.

“Kota Solok berhasil menerima penghargaan kategori “Dukcapil BISA” untuk kota dengan penduduk kecil,” ungkap Bitel, Plt Kadisdukcapil.

Bitel menambahkan bahwa Disdukcapil Kota Solok terus berusaha melakukan inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Salah satunya yaitu jemput bola perekaman KTP el dan jemput bola akta kelahiran dan KIA yang telah dilaksanakan pada Minggu lalu dan mendapat apresiasi yang baik oleh masyarakat Kota Solok. Dan juga mengupayakan terlaksananya layanan via online secara maksimal mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi.

Penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen Pemkot Kota Solok dalam meningkatkan kualitas di segala bidang pelayanan publik, termasuk layanan Administrasi Kependudukan. Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, inovasi dan kualitas pelayanan sehingga diharapkan menjadi inspirasi dan role model dalam berbagai bidang. “Kami akan terus berupaya melakukan pelayanan jemput bola dan tentunya dibarengi dengan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat,” tutupnya.(fr)

Tags: , , , , , , , ,