Disdukcapil Kota Solok Tingkatkan Pelayanan Dengan Pelayanan 6 in 1

Disdukcapil Kota Solok Tingkatkan Pelayanan Dengan Pelayanan 6 in 1

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok kembali meningkatkan pelayanan dengan mengeluarkan enam dokumen sekaligus dalam satu kali pengajuan yang dinamakan dengan pelayanan 6 in 1. Hal ini merupakan salah satu hasil dari bentuk kesadaran masyarakat yang sadar akan administrasi kependudukan yang sebelumnya telah dicanangkan dalam bentuk GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan).

Layanan 6 in 1 ini merupakan peningkatan dari layanan 5 in 1 yang sebelumnya telah diterapkan pada Disdukcapil untuk jenis pelayanan yang sama. Dimana perolehan 5 dokumen sekaligus atas peristiwa pencatatan perkawinan non muslim tersebut adalah dokumen akta perkawinan, dokumen akta kelahiran dengan catatan pinggir (caping), akta pengesahan anak, Kartu Identitas Anak (KIA), dan Kartu Keluarga (KK) dengan status kawin tercatat.

Adapun alasan yang menyebabkan peningkatan pelayanan 5 in 1 menjadi 6 in 1 ini adalah kesadaran masyarakat non muslim yang segera melaporkan perkawinannya kepada Dukcapil setelah mereka melaksanakan pernikahan secara agama. Sehingga dokumen yang bisa mereka peroleh adalah 3 dokumen KK, 2 dokumen KTP-el, dan 1 dokumen akta perkawinan untuk suami istri.

Penyerahan dokumen tersebut dilaksanakan setelah melaksanakan sidang pencatatan perkawinan non muslim yang dipimpin oleh Kadisdukcapil Drs. H. Syaiful A, MSi yang memimpin sidang pada Rabu (20/3) di ruang kerja Kepala Dinas.

“Pelaksanaan sidang pencatatan perkawinan non muslim ini bertujuan untuk melegalkan status perkawinan yang sah secara agama dan negara untuk dicatat kedalam register akta perkawinan dan diterbitkan kutipan akta perkawinannya oleh Dinas Dukcapil sebagai bukti adanya perkawinan yang sah secara hukum,” terang Kadisdukcapil ditengah-tengah sidang.

Oleh karena itu, wajib bagi masyarakat non muslim yang telah menikah secara agama, untuk sesegera mungkin mencatatkan perkawinannya di Disdukcapil untuk mendapatkan dokumen berkekuatan hukum paling lama 60 hari sejak perkawinan. (am)

Tags: , , , , ,