Disdukcapil Lakukan Percepatan Perekaman KTP-el di Kabupaten Lima Puluh Kota

Disdukcapil Lakukan Percepatan Perekaman KTP-el di Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, (InfoPublikSolok) – Bertemakan “Pekan Pendaftaran Penduduk Sumatera Barat Tahun 2019” bertempat di Kabupaten Lima Puluh Kota pada tanggal 29 Juli s/d 2 Agustus 2019, Disdukcapil se-Sumatera Barat melaksanakan percepatan perekaman KTP-el yang dikoordinir oleh DPPKBKPS Provinsi Sumbar yang sekaligus membuka acara ini di halaman kantor Disdukcapil Lima Puluh Kota.

Berdasarkan Data Kependudukan Bersih (DKB) Kemendagri, dari 19 Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat sampai kondisi Juli 2019, Kabupaten Lima Puluh Kota untuk pencapaian perekaman dan pencetakan KTP-el masih terlalu rendah yaitu 90,66%. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Administrator Database (ADB) dan operator pada masing-masing OPD di lingkungan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Perekaman dan pencetakan tersebut dilakukan di 19 titik yaitu satu Kabupaten/ Kota per Nagari, sedangkan lokus perekaman KTP-el yang difasilitasi oleh Kota Solok adalah di Kantor Wali Nagari Koto Tangah Batu Ampa dan SMA 1 Akabiluru, dan untuk perangkat peralatan perekaman dibawa langsung oleh masing-masing Kabupaten/ Kota.

“Penuntasan perekaman dan pencetakan KTP-el ini kita laksanakan untuk meningkatkan cakupan pelayanan publik dan untuk memastikan terpenuhinya hak warga Indonesia akan kepemilikan dokumen kependudukan,” terang Kadisdukcapil Kota Solok Drs. H. Syaiful A, M.Si kepada Wali Nagari di Kantor Wali Nagari Koto Tangah Batu Ampa.

19 Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat bertekad secara bersama-sama melakukan perekaman dengan target 100 % di lokasi perekaman, karena Disdukcapil se-Sumatera Barat merupakan satu keluarga yang sejatinya harus saling mendukung dalam pencapaian target nasional pelayanan dokumen kependudukan.

Setiap operator sudah sepakat tidak hanya merekam data masyarakat saat jam kerja, tetapi disesuaikan dengan kondisi setempat. Sebagai contoh, masyarakat ramai saat sore hari, maka pelayanan dilaksanakan mulai sore hingga malam hari, dan tidak hanya terfokus pada saat jam kerja. Dan hasil yang dicapai hingga berita ini diterbitkan, jumlah perekaman adalah sebanyak 145 orang, cetak sebanyak 203 keping. (am)

Tags: , , , ,