Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Disdukcapil Peringkat I Pengelolaan Arsip Tahun 2023

Disdukcapil Peringkat I Pengelolaan Arsip Tahun 2023

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok kembali raih keberhasilan di bidang pengelolaan arsip yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok pada kegiatan Penilaian Pengelolaan Arsip OPD tingkat Kota Solok, yang penilaiannya dilakukan pada pertengahan tahun 2023 lalu.

Pengumuman pemenang pengelolaan arsip ini disampaikan dalam apel gabungan ulang tahun KORPRI ke-52 di halaman Balai Kota Solok, Jumat (1/12) pagi.

Disdukcapil berhasil meraih peringkat I, disusul oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Sekretariat DPRD meraih peringkat II dan II. Penghargaan langsung diserahkan oleh Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, MSi dan disaksikan oleh Wakil Walikota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, dan Sekretaris Daerah, Drs. H. Syaiful A, M.Si, serta disaksikan oleh seluruh peserta apel gabungan.

Tujuan dari penyelenggaraan penilaian ini adalah untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan yang profesional, unggul dan berkompeten. Karena tata kelola kearsipan yang baik merupakan salah satu indikator kinerja organisasi, sebagaimana diatur dalam Permenpan RB Nomor 9 Tahun 2023 tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi bahwa pengelolaan arsip secara tertib dan terpadu dengan memanfaatkan teknologi melalui penerapan e-government merupakan salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi.

Pengelolaan arsip secara digital, profesional, dan transparan akan menjamin ketersediaan akses data dan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh aparatur maupun pemangku kepentingan untuk mendukung fungsi dan kinerja setiap organisasi pemerintah.

Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan, Yuyun Fitri, SSTP, MSi yang menerima penghargaan tersebut menyampaikan bahwa Disdukcapil selalu berusaha melakukan penataan dan pengelolaan arsip sesuai dengan aturan yang berlaku, karena arsip merupakan dokumen penting yang sangat riskan, terutama arsip kependudukan.

“Selama ini kami juga telah melakukan pemeliharaan dengan melakukan fumigasi dan melengkapi fasilitas penyimpanan arsip seperti roll o-pack dan rak arsip untuk arsip kependudukan serta filling cabinet dan lemari arsip untuk arsip umum,” ungkapnya.

Untuk ke depannya, lanjutnya, Disdukcapil Kota Solok akan tetap berusaha meningkatkan lagi pengelolaan arsip ini, agar arsip terpelihara dengan baik, teratur, dan aman, bisa dengan mudah ditemukan kembali dengan cepat dan tepat, serta terhidar dari pemborosan tenaga dan waktu dalam kegiatan pencarian arsip yang dibutuhkan. (am/r)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan