[DISINFORMASI] Kata OMI pada Penamaan Omicron adalah Akronim untuk Jenis Penyakit Jantung

[DISINFORMASI] Kata OMI pada Penamaan Omicron adalah Akronim untuk Jenis Penyakit Jantung

Penjelasan :

Sebuah unggahan di media sosial membagikan gambar tangkapan layar yang menunjukkan bahwa kata “OMI” adalah akronim untuk jenis penyakit jantung, sedangkan “CRON” adalah sebuah sistem operasi atau server untuk pekerjaan yang akan dieksekusi pada waktu tertentu. Unggahan tersebut banyak dikaitkan dengan penamaan varian Covid-19 Omicron.

Faktanya, penamaan varian Covid-19 Omicron adalah berdasarkan pada alfabet Yunani dan tidak berkaitan dengan jenis penyakit tertentu seperti jantung.  Dilansir dari reuters.com, WHO telah memutuskan untuk memberi nama Variants of Interest (VOI) atau Variants of Concern (VOC) dari SARS-CoV-2 setelah huruf alfabet Yunani. Keputusan ini agar varian memiliki nama sederhana yang mudah diucapkan dan diingat serta untuk menghindari pemberian nama berdasarkan lokasi di mana mereka pertama kali terdeteksi, menurut WHO hal itu dapat menimbulkan stigmatisasi dan diskriminasi. Adapun Omicron adalah huruf ke-15 dari alfabet Yunani dan merupakan VOC kelima yang diidentifikasi oleh WHO. Hal tersebut berdasarkan varian virus Alpha, Beta, Gamma, dan Delta. Dua VOI lain juga telah diidentifikasi yang disebut Lambda dan Mu.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter: 

https://www.reuters.com/article/factcheck-coronavirus-omicron/fact-check-the-omicron-variant-of-sars-cov-2-is-named-after-the-15th-letter-of-the-greek-alphabet-idUSL1N2SL22T

https://acronyms.thefreedictionary.com/OMI

Sumber : www.kominfo.go.id

Tags: , , ,