Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

[DISINFORMASI] Omicron Bukan Varian Baru karena WHO sudah Mendeteksi pada 2020

[DISINFORMASI] Omicron Bukan Varian Baru karena WHO sudah Mendeteksi pada 2020

Penjelasan :

Beredar sebuah gambar tangkapan layar berisi tabel Variants of Concern (VOC) pada situs WHO yang menunjukkan bahwa varian Omicron terdaftar pada November 2020. Unggahan tersebut disertai narasi bahwa Omicron bukanlah varian Covid-19 baru karena WHO sudah mendeteksinya sejak tahun lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari reuters.com, juru bicara WHO mengakui terjadi kesalahan ketik pada halaman website terkait Variants of Concern (VOC) pada varian Omicron dimana penulisan tersebut seharusnya adalah November 2021, bukan November 2020. Halaman itu kemudian diperbarui oleh WHO. Adapun varian Omicron pertama kali terdeteksi oleh para ilmuwan di Afrika Selatan pada 23 November 2021 dalam sampel yang diambil antara 14 dan 16 November 2021. Varian tersebut kemudian ditetapkan sebagai VOC oleh WHO pada 26 November 2021.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://www.reuters.com/article/factcheck-omicron-who-november/fact-check-who-did-not-detect-omicron-variant-in-november-2020-who-table-had-typographical-error-that-has-been-updated-idUSL1N2SL1OQ

https://www.who.int/en/activities/tracking-SARS-CoV-2-variants/

Sumber : www.kominfo.go.id

Tags: , , , ,

No Responses

Comments are closed.