[DISINFORMASI] Stroke Menyerang Anak-anak sebagai Efek Samping Vaksin Covid-19

[DISINFORMASI] Stroke Menyerang Anak-anak sebagai Efek Samping Vaksin Covid-19

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan berbahasa asing berisi poster tentang penyakit stroke yang menyerang anak-anak. Unggahan tersebut disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa hal tersebut merupakan efek samping dari vaksin Covid-19.

Faktanya klaim tersebut adalah keliru. Dilansir dari turnbackhoax.com, berdasarkan hasil penelusuran, poster tersebut dipasang oleh yayasan non-profit asal Kanada, Achieving Beyond Brain Injury (ABBI), pada bulan Mei 2021 lalu untuk memperingati Bulan Kesadaran atas Stroke pada Anak. Sehingga tidak ada keterkaitan antara pesan dalam poster tersebut dengan efek dari vaksin Covid-19 pada anak. Foto poster serupa juga dapat ditemukan di laman Facebook serta situs resmi ABBI. Lebih lanjut, dalam sebuah penelitian oleh tim peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Brown, Amerika Serikat, penyakit stroke pada anak disebabkan oleh penyakit jantung, kondisi hematologis, gangguan sindrom, dan metabolisme. Berdasarkan keterangan dalam situs hopkinsmedicine.org, penyakit stroke pada anak sendiri merupakan kondisi kesehatan yang langka dan umumnya hanya menyerang satu dari setiap 4.000 bayi yang baru lahir.

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://turnbackhoax.id/2021/11/02/salah-poster-tentang-penyakit-stroke-yang-menyerang-anak-anak-sebagai-efek-samping-covid-19/

https://www.facebook.com/achievingbeyond.braininjury/posts/302122388405830 

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/stroke/pediatric-stroke

 

Sumber : www.kominfo.go.id

Tags: , , ,