Diskominfo Fasilitasi Website PPID Bagi Bawaslu

Diskominfo Fasilitasi Website PPID Bagi Bawaslu

Solok, (Info Publik Solok) – Dalam rangka menjalankan amanat Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008 dimana setiap badan publik harus membuka semua daftar informasi yang mereka kuasai. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Bawaslu Kota Solok untuk bekerjasama dengan Diskominfo agar difasilitasi website PPID.

Setelah melalui pembahasan internal, kemudian diputuskan bahwa akan ditindaklanjuti pembuatan website PPID dengan mengadopsi website PPID Kota Solok, Selasa (29/10/19) Diskominfo mengundang Bawaslu untuk hadir guna membahas website yang telah di bangun oleh programmer.

Hadir pada kesempatan ini dari Bawaslu, Rafiqul Amin dan Budi Sentosa selaku Komisioner beserta staf, sedangkan dari Kominfo di terima oleh Kepala Bidang Aptika, Feri Agriadi, Kasi PPIP, Beny Junaidi beserta Programmer yaitu Windi Sri Rahayu. Pada saat membuka kegiatan Kabid Aptika menjelaskan, ” Bahwa Kominfo sudah berusaha memfasilitasi keinginan dari Bawaslu dan semoga hari ini dapat kita bahas bersama dan membicarakan teknis terkait website yang sudah kita bangun. ” ujar Feri.

Mewakili pihak dari Bawaslu, Budi Sentoso menjelaskan, ” Pertama kami sampaikan apresiasi atas fasilitasi dari Kominfo terkait website, kemudian saat ini seperti halnya PPID Kota Solok kita juga sedang dalam penilaian oleh Komisi Informasi Sumbar untuk pemeringkatan badan publik tahun 2019 dan dengan selesainya website ini semoga bisa menjadi nilai tambah bagi Bawaslu, ” harap Budi.

” Sama halnya saat ini PPID Kota Solok juga dalam proses penilaian oleh KI, semoga kedepan kita bisa saling berkoordinasi, terutama dalam hal pelayanan informasi bagi masyarakat melalui PPID,” tambah Beny.

Selanjutnya Programmer memaparkan mengenai menu menu yang tersedia, kemudian teknis input data, menambahkan jenis informasi hingga mengubah tampilan. Kominfo juga telah membekali website sesuai dengan website PPID Solok akan tetapi jika dirasa ada yang harus diubah maupun ditambahkan segera akan dikerjakan.

” Website ini mengadopsi website PPID dari Kementerian Dalam Negeri RI, menu dan tampilannya menyesuaikan mrip dengan PPID Kota Solok, akan tetapi jika ada menu baru maupun masukan dari Bawaslu akan segera kita sempurnakan,” papar Windi.

Sebelum pertemuan ini diakhiri, disepakati pihak Bawaslu akan mengirim programmernya dan dapat membahas secara lebih spesifik lagi baik terkait data maupun tampilan sehingga website ini menjadi sempurna, termasuk terkait domain dan hosting karena website ini kedepan akan dijadikan Link dengan website resmi Bawaslu.

Semoga melalui website PPID ini kedepannya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mengakses informasi maupun mencari data terkait Bawaslu Kota Solok yang beberapa waktu yang lalu meraih Bawaslu Award 2019. (eg)

Tags: , , , , , , , ,