Disnakertrans Sumbar Latih Pelaku Usaha Kecil Tingkatkan Produktivitas

Disnakertrans Sumbar Latih Pelaku Usaha Kecil Tingkatkan Produktivitas

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Solok menyelenggarakan kegiatan pelatihan promosi perluasan kesempatan kerja melalui Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Yulitri Susanti, S.Pi di ruang rapat Kantor Kesbangpol Kota Solok. Senin (8/7). Pelatiahan ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 8 s/d 12 Juli 2019 dengan peserta yang merupakan pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di Kota Solok sebanyak 20 (dua puluh) orang.


Sekretaris Disnakertrans Sumbar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan serta motivasi diri dalam rangka mendorong TKM untuk lebih mengenal serta mengembangkan diri pribadi serta usahanya yang diharapkan dapat menciptakan peluang kerja di tengah masyarakat.

“Peningkatan motivasi bagi tenaga kerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas pekerja dalam menghasilkan suatu produk di tempat usahanya,” Kata Yulitri.

Selain itu, Yulitri mengatakan pembimbingan dan fasilitasi ini bertujuan untuk menciptakan dan memperluas lapangan kerja yang produktif dan berkelanjutan serta menumbuh kembangkan usaha ekonomi masyarakat yang ada di Kota Solok, sehingga bisa memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia yang ada.

Selama ini, ungkapnya, rendahnya produktivitas dan daya saing para pekerja pada intinya disebabkan oleh rendahnya kualitas SDM dalam berkreasi dan berinovasi pada berbagai usaha yang dilakukan.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan suatu usaha yang dapat berkembang secara berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan hasil produksi baik itu jasa maupun perdagangan lainnya yang salah satunya dilakukan melalui kegiatan pelatihan Promosi Perluasan Kesempatan Kerja melalui Tenaga Kerja Mandiri ini.


Dengan mengikuti kegiatan ini, Yulitri berharap peserta yang memiliki usaha dapat melakukan sejumlah perubahan dan inovasi dalam menjalankan usahanya agar tantangan dan persaingan dalam dunia usaha guna merebut segmen dan pangsa pasar dalam negeri maupun luar negeri.

“Persiapkan diri dan perkuat kemampuan serta gali potensi daerah menjadi lebih unggul dan berdaya saing tinggi,” pungkas Sekretaris Disnakertrans Sumbar. (gp)

Tags: , , ,