Disperkim Laksanakan Perbaikan Jalan Lingkungan di Sinapa Piliang

Disperkim Laksanakan Perbaikan Jalan Lingkungan di Sinapa Piliang

Solok (InfoPublikSolok) – Perbaikan dan pemeliharaan rutin jalan lingkungan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan dan perbaikan jalan yang diperlukan dan direncanakan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas penghuni permukiman atau perumahan warga.

Pemerintah Kota Solok terus mengupayakan semua jalan lingkungan yang merupakan pekerjaan infras­truk­tur strategis dapat berfungsi secara optimal memudahan aktivitas warga. Mengacu pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Solok tahun anggaran 2022, terdapat beberapa kegiatan Pemeliharaan Jalan Komplek Perumahan dalam Program Peningkatan Prasarana, Sarana Utilitas Umum.

Salah satu jalan yang menerima anggaran perbaikan dan pemeliharaan rutin tahun ini adalah Jalan Gantiang di Kelurahan Sinapa Piliang. Menurut Alexsis sebagai Tim Pelaksana Pekerjaan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Solok menyebutkan, pemeliharan jalan lingkungan ini meliputi betonisasi jalan sepanjang 50 meter yang menelan anggaran biaya sebesar Rp33 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Solok tahun anggaran 2022.

“Tim Pelaksana pekerjaan akan memper­hatikan kualitas beton ser­ta metode pekerjaan se­suai dengan aturan yang ada. Agar ketahanan jalan lingkungan lebih lama dengan mutu pekerjaan yang sesuai standar,” ungkapnya.

Dari pantauan kontributor Info Publik Solok di lapangan Kamis (28/7) pelaksanaan betonisasi jalan telah mencapai 60%. Warga setempat sangat bersyukur sekali jalan di lingkungan mereka mendapat perhatian dari Pemerintahan Kota Solok, sebab sebelumnya jalan ini sangat dikeluhkan warga karena sudah hancur dan berlubang, sehingga sering terjadi kecelakaan ringan pengendara motor yang terjatuh apalagi jika kondisi sedang musim hujan, demikian keluhan dari warga.

Diharapkan dengan adanya kegiatan rutin perawatan jalan permukiman dapat menghasilkan lingkungan hidup yang lebih baik. Di sisi lain, juga sangat diperlukan kesadaran bersama dari masyara­kat untuk menjaga kualitas jalan lingkungan yang sudah di­per­baiki. (jt)

Tags: , ,