Dispora Gelar Pelatihan Dianpinru dan Dianpinsat se-Kota Solok 2019

Dispora Gelar Pelatihan Dianpinru dan Dianpinsat se-Kota Solok 2019

Solok, (Info Publik Solok) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Solok menggelar pelatihan Geladian Pimpinan Regu (Dianpinru) bagi pramuka penggalang yang berpangkalan Gugus depan pada Tingkat SLTP dan Geladian Pimpinan Satuan ( Dianpinsat ) bagi ambalan penegak yang berpangkalan Gugus depan tingkat SLTA bertempat di Aula Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Tembok, Kelurahan Nan Balimo, Jum’at (02/08/2019).

Narasumber yang dihadirkan merupakan orang-orang yang ahli dibidangnya dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok sebagai Pelatih Pembina Pramuka yang sudah mempunyai sertifikat Nasional.

Kepala Dispora Kota Solok yang diwakili Sekretaris Mursal secara resmi membuka kegiatan pelatihan ini, turut hadir Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Rusli Hamris,  Kasubbag Program dan Keuangan,  Maswardi dan Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Jon Rifanos yang juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana. Pelatihan ini mengangkat tema ‘Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI’ yang berlangsung selama empat hari mulai 02 s/d 05 Agustus 2019.

Panitia Pelaksana Jon Rifanos menyampaikan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan para Pemimpin Regu dan Pimpinan Satuan sehingga mampu melaksanakan kepemimpinan dalam satuannya. Kegiatan tersebut diikuti oleh 80 peserta yang terdiri 20 putra dan 20 putri untuk Dianpinru tingkat SLTP  dan 20 putra dan 20 putri  untuk Dianpinsat Tingkat SLTA.

“Selain itu, bertujuan untuk mendorong para Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka menerapkan sistem among dan sistem beregu sebaik – baiknya,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Mursal memberikan apresiasi dan pelatihan ini merupakan suatu upaya dilakukan pemerintah menyiapkan sedini mungkin generasi muda ke depan di bidang Pramuka.

“Mudah-mudahan bisa semakin memacu peserta mengembangkan keahlian dibidang pramuka setelah mengikuti pelatihan ini,” tutur Mursal.

Mursal berharap, kegiatan ini dapat diikuti oleh peserta sebaik dan secermat mungkin, agar bisa mendapat prestasi yang membanggakan pada ajang Daerah, Nasional dan Internasional.

“Perlu diingat oleh peserta tujuan pramuka diantaranya membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air dan meningkatkan keterampilan,” tutur Mursal mengakhiri.(ep)

Tags: , , , ,