Dispora Gelar Seleksi Paskibraka Tingkat Kota dan Provinsi Tahun 2020

Dispora Gelar Seleksi Paskibraka Tingkat Kota dan Provinsi Tahun 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solok kembali menggelar Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota dan Provinsi Tahun 2020, di Lapangan Indoor GOR Tanjung Paku Kota Solok, Jumat (24/7/20).

Seleksi ini digelar selama tiga hari dengan diikuti oleh 70 peserta yang lolos pada seleksi tingkat kota 29 Februari kemarin. Peserta tesebut akan disaring menjadi 9 orang yang akan bertugas sebagai Penggerek Bendera Merah Putih pada hari peringatan HUT RI 17 Agustus mendatang. Peserta terdiri dari 6 putra dan 3 putri, dibagi menjadi 3 dengan tugas yang berbeda yaitu sebagai penggerek penaikan bendera, penurunan bendera dan penggerek cadangan, hal ini berdasarkan ketentuan dari Kemenpora dimasa pandemi Covid-19.

Turut hadir Tim Seleksi Tingkat Kota yang dipimpin oleh Kepala Dinas Dispora, Dodi Osmond, Sekretaris Dispora, Mursal, Kabid Kepemudaan, Silviadianti, Kasi Pengembangan Muda dan Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Asnelty dan Pris Gusfo Pertason, Tim Pelatih TNI Kodim 0309 Solok, Kapten Inf Tarmizi dan Tim Kesehatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dodi Osmond mengatakan seleksi ini berjalan dengan baik, semua peserta juga mengikuti instruksi dari pelatih dengan serius.

“Untuk seleksi hari ini dilaksanakan dalam suasana yang sangat berbeda, karena ananda semua merupakan putra putri terbaik di Kota Solok yang terpilih sebagai penggerek bendara pusaka pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia bulan depan. Namun saat ini Indonesia terdampak serius akibat virus Covid 19 melanda. Semua segi kehidupan terdampak akibat Covid 19 ini,” ujar Dodi Osmond.

“Sesuai intruksi pelaksaan Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Indonesia nanti kita kembali melakukan seleksi untuk menjaring 9 orang penggerek bendara dari yang terbaik dari 70 orang hasil seleksi yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk itu kepada peserta untuk dapat mengikuti tahapan seleksi secara serius dari pelatih,” tambahnya.

Pada Kesempatan itu, Pelatih Paskibraka Kota Solok, Kapten Inf Tarmizi berharap seluruh peserta dapat mengikuti seleksi hingga akhir. “Tahapan yang kami nilai diantaranya mental, disiplin, pengetahuan umum dan tingkah laku. Mental dan disiplin merupakan hal yang utama dalam seleksi mengingat peserta nantinya akan melakukan latihan yang membutuhkan kekuatan fisik yang prima,” jelasnya.

“Kami juga memilih yang benar-benar sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, sehingga untuk seleksi tahun ini agak berbeda dari  sebelumnya,” lanjut Kapten Tarmizi.

Selama seleksi portokol kesehatan berstandar Covid-19 dilakukan secara ketat, setiap peserta diwajibkan memakai masker, mengatur jarak, mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh yang dipandu oleh Tim Kesehatan Puskesmas Tanjung Paku. (ep)

 

Tags: , , , , ,