Dispora Gelar Seleksi Paskibraka Tingkat Kota dan Tingkat Provinsi Tahun 2020

Dispora Gelar Seleksi Paskibraka Tingkat Kota dan Tingkat Provinsi Tahun 2020

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda Olah Raga (Dispora) Kota Solok, lakukan seleksi Paskibraka untuk tingkat Kota dan Provinsi Tahun 2020. Seleksi dilaksanakan di lapangan indoor GOR Tanjung Paku Kota Solok, Sabtu (29/2/2020).

Seleksi untuk tingkat kota akan diikuti oleh 200 orang siswa/i, peserta seleksi tingkat kota merupakan peserta yang lolos seleksi disetiap sekolah SMA dan sederajat di Kota Solok. Dari keseluruhan peserta nantinya akan terjaring sebanyak 65 orang yang akan menjadi Penggerek Bendera Merah Putih saat detik-detik hari Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus depan.

Turut hadir juga tim seleksi tingkat kota dari Dispora yang dipimpim oleh Kepala Dinas Dispora Dodi Osmond, Sekretaris, Mursal, Kepala Bidang Kepemudaan, Silviadianti dan Kepala Seksi Pengembangan Muda, Asnelty, Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Pris Gusfo Pertason, Tim Pelatih TNI Kodim 0309 Solok, Kapten. E. Budiman, S , Tim Seleksi Provinsi dan Tim Kesehatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Sekretaris, Mursal mengatakan seleksi ini berjalan dengan baik, semua peserta seleksi mengikuti instruksi dari pelatih dengan serius. “Untuk seleksi hari ini terbagi dua, diantaranya seleksi tingkat Kota dan Provinsi. Tingkat Kota akan diambil 65 orang kemudian 65 orang ini akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi. Untuk tingkat provinsi kita akan mengirimkan 2 pasang Paskibraka. Seleksi ini akan terbgai 4 tahap yaitu Tes Fisik, Kesehatan, Wawancara dan Samapta,” jelas Mursal.

“Mudah-mudahan wakil dari Kota Solok dapat terpilih dalam seleksi tingkat Provinsi nantinya,” harap Mursal.

Pada Kesempatan itu, Pelatih Paskibraka Kota Solok, Kapten. E. Budiman. S mengharapkan semua peserta dapat mengikutinya sampai akhir. “Tahapan yang kami nilai diantaranya mental, disiplin, pengetahuan umum dan tingkah laku. Mental dan disiplin merupakan hal yang utama dalam seleksi mengingat peserta nantinya akan melakukan latihan yang membutuhkan kekuatan fisik yang prima,” ungkapnya.

“Kami juga memilih yang benar-benar sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, sehingga untuk seleksi tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” lanjut Kapten Budiman.

“Kemudian, Kami akan menyaring dari 65 orang yang telah lolos tingkat kota menjadi 4 orang terdiri 2 putra dan 2 putri untuk dikirim ke seleksi provinsi,” tambahnya.

Di tempat terpisah saat ditemui salah satu peserta seleksi Mahatir Muhammad Afendi dari SMA N 1 mengatakan, seleksi Paskibraka ini sangat bagus sekali dalam menempa kedisiplinan dan juga dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya. “Saya bertekad untuk bisa lolos tingkat kota dulu, apabila lolos, untuk seleksi tingkat Provinsi ini saya berharap lolos juga. Saya bersungguh-sungguh mengikuti seleksi ini,” tekadnya. (ep)

Tags: , , , , , ,