Dispora Kerjasama Dengan Kemenpora Lakukan Tes Pemanduan Bakat Olahraga

Dispora Kerjasama Dengan Kemenpora Lakukan Tes Pemanduan Bakat Olahraga

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI melakukan seleksi Tes Pemanduan Bakat Olahraga yang sumber pendanaannya langsung dari Kemenpora RI. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dari 13 s/d 16 Maret 2019 di Sport Hall Tanjung Paku.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari surat permintaan Dispora Kota Solok ke Kemenpora RI untuk melakukan Tes Kemampuan Bakat Olahraga di Kota Solok. Tes Kemampuan Bakat ini akan dinilai langsung dari tim Kemenpora RI. Peserta yang terpilih akan dibiayai langsung oleh Kemenpora. Ini kegiatan perdana yang dilakukan langsung Kemenpora di Kota Solok dalam hal Tes Kemampuan Bakat Olahraga.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 400 peserta dari SD dan SMP baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Solok serta Instruktur penilai berjumlah 20 orang dari pelatih dan guru olahraga di Kota Solok. Peserta yang ikut harus berusia 12 s/d 14 tahun.

Sebelumnya telah dilakukan Bimbingan Teknis bagi Instruktur Tes Pemanduan Bakat Rabu (12/3/2019) malam di Mami Hotel, terkait apa saja yang akan dilakukan pada saat menilai kemampuan bakat dari peserta serta parameter yang akan dinilai dari peserta nantinya. Bimbingan Teknis ini dipandu oleh Darmo Susilo dari Kemenpora RI dan Matsuri, Instruktur dari UNS Solo serta dihadiri Kepala Dispora yang diwakilkan oleh Sekretaris, Mursal, Kepala Bidang Olahraga Prestasi, Yonhasdian dan Instruktur tes dari Pelatih dan Guru Olahraga.

 

“Kami ucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Tim dari Kemenpora RI yang telah datang langsung dari Jakarta ke Kota Solok Kota Beras dan Serambi Madinah ini. Sebelumnya kami mohon maaf karena Kepala Dinas tidak dapat hadir karena sedang di Jakarta mengikuti Diklat PIM II. Kami sebagai tuan rumah menyambut bahagia karena surat yang kami kirim ditanggapi langsung dari Kemenpora. Ini merupakan hal baru dan perdana dilakukan di Kota Solok,” kata Sekretaris Dispora dalam sambutannya.

“Mudah-mudahan melalui Tes Kemampuan Bakat ini dapat menyaring bibit-bibit atlet potensial, Kami harap kerjasama dan perhatian dari Kemenpora ke Kota Solok dapat terus meningkat,” sambungnya.

“Kami ucapkan terimakasih atas sambutannya dari Kota Solok. Memang benar kegiatan ini perdana dilakukan di Kota Solok dalam hal Tes Kemampuan Bakat Olahraga. Kami melihat jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini besar dengan jumlah 400 orang peserta,” kata Darmo Susilo dari Tim Kemenpora RI.

“Kami harap dari 400 peserta ini akan terpilih nantinya bibit unggal di cabang olahraga baik terukur maupun tidak terukur bagi Kota Solok. Nantinya peserta yang lolos akan langsung dibiayai semua kebutuhannya dari Kemenpora RI. Ini merupakan program potensial yang terus digalakkan oleh Kemenpora RI untuk mencari bibit olahraga yang memiliki potensi untuk dibina dan dikembangkan bakatnya. Nantinya diharapkan kita akan memiliki atlet yang berjenjang, sehingga stok atlet kita tidak terputus,” pungkasnya. (ep)

Tags: , , , ,