Dispora Kota Solok Konsultasi dengan Dispora DKI Jakarta

Dispora Kota Solok Konsultasi dengan Dispora DKI Jakarta

Jakarta (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melakukan konsultasi serta koordinasi dengan Dispora Pemprov DKI Jakarta membahas dan melakukan kerjasama tentang pembinaan olahraga prestasi antar kedua instansi, Jumat (17/5/2019).

Kadispora Kota Solok, Dodi Osmond dan Kabid Olahraga Prestasi, Yonhasdian disambut langsung oleh Kabid Pengembangan, Achmad Djarimi, Kasi Olahraga Prestasi, Sri Suskandariah dan beserta jajaran staf di ruangan pertemuan Bidang Pengembangan Dispora Pemprov DKI Jakarta.

Suasana pertemuan berjalan penuh keakraban antar kedua instansi. “Kami sebagai tuan rumah membuka pintu selebar-lebarnya bagi Dispora Kota Solok untuk kerjasama dengan kami. Program-program yang kami jalankan saat ini berjalan dengan baik dan lancar. Buktinya banyak atlet dari DKI Jakarta berkontribusi baik tingkat nasional maupun internasional,” kata Kabid Pengembangan, Achmad Djarimi.

Lebih lanjut, Ahmad Djarimi memberikan gambaran tiga program pembinaan unggulan yang dilakukan Dispora Pemprov DKI Jakarta saai ini.

Pertama, melakukan pembinaan atlet terpusat, diantaranya PPOP (Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar) meliputi 321 atlet dengan 21 cabang olahraga (usia kelas 1 SMP – SMA) atlet diinapkan di asrama. PPLM (Pusat Pelatihan Mahasiswa) meliputi 191 orang atlet dengan pembinaan pelatihan berjalan (tidak menginap), POPB (Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan) terdiri atas 1.000 atlet (14 tahun ke bawah) dan pembinaan atlet penyandang disabilitas. Catatan: honor pelatih 6 juta/org/bulan untuk semua cabang olahraga.

Semua program tersebut menggunakan pola pelatihan daerah secara berjenjang yang mengerucut sistem piramida, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, wilayah dan pada pusat pusat pelatihan.

Kedua, membina sister city dengan beberapa negara, misal: Tokyo, Beijing, Berlin dll sebagai tempat latih tanding (try out) yang dananya terpisah dari dana pembinaan keempat program tersebut diatas artinya mempunyai pembiayaan tersendiri.

Ketiga, Membuat program FORSE (Festival Olahraga Sepanjang Tahun) yang dilaksanakan setiap bulannya.

Selain tiga program tersebut, juga disertakan kebijakan yang sangat mendukung bagi pengguna sarana olahraga diantaranya, menggratiskan semua fasilitas olahraga, mengurangi fasilitas parkir kendaraan sehingga para masyarakat dan para pejabat mesti berjalan kaki (olahraga).

Semua fasilitas olahraga juga memberikan ruang untuk para penyandang disabilitas, artinya dapat diakses oleh para penyandang disabilitas, pengembangan olahraga tradisional/ permainan rakyat yang pesertanya mulai dari tingkat PAUD, SD, SLTP, SLTA, Mahasiswa dan Masyarakat.

ASN Dispora Pemprov DKI Jakarta memberikan ruang lebih besar untuk para atlet-atlet berprestasi artinya Dispora diurus oleh orang-orang yg membidangi olahraga atau praktisi olahraga dan menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan swasta, BUMN, BUMD dan masyarakat, seperti contohnya Perusahan susu MILO yang menjadi sponsor utama untuk cabor atletik yang membiayai secara penuh baik event-event dalam negeri sampai ke luar negeri.

Selanjutnya juga disepakati Dispora Pemprov DKI Jakarta akan membuka komunikasi dan kerjasama secara intens dengan Dispora Kota Solok dalam rangka pembinaan olahraga prestasi.

“Kami senang sekali atas sambutannya yang diberikan. Ini suatu hal baru bagi kami, setelah penjabaran program yang disampaikan oleh Kabid Pengembangan Dispora Pengprov DKI Jakarta. Banyak sekali ilmu yang dapat kami ambil dari pertemuan ini. Salah satunya yang jadi perhatian kami adalah bagaimana menarik sponsor untuk membiayai atlet untuk bertanding,” kata Kadispora Kota Solok, Dodi Osmond.

Sebelumnya tim Dispora Kota Solok juga melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Kemenpora, untuk penelusuran program-program di bidang keolahragaan yang sedang dilaksanakan tahun 2019. Dan juga berkesempatan bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Dalam pertemuan dengan Ahmad Arsani pejabat Asisten Deputi Bidang Prestasi Olahraga dan Darmo Utomo sebagai Kepala Bidang Prestasi Olahraga yang baru dilantik berkomitmen untuk membantu pengembangan dan peningkatan presentasi olahraga Kota Solok.

Program dan kegiatan yang tengah dibicarakan Kemenpora dengan Dispora Kota Solok adalah pembinaan Cabor Badminton melalui proposal yang diusulkan oleh pengurus PBSI Kota Solok. (ep)

Tags: , , ,