Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

DLH dan Personel Kodim Bersihkan Pasar Raya Solok dari Sampah

DLH dan Personel Kodim Bersihkan Pasar Raya Solok dari Sampah

Solok, (InfoPublikSolok) – Perubahan musim dan iklim tidak hanya memberikan manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, namun juga curah hujan yang tinggi dapat menimbulkan banjir, tanah longsor dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan lalat.

Perubahan ini berdampak pula pada kondisi lingkungan. Pada musim hujan kali ini berbagai persiapan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam dan wabah penyakit.

Memasuki musim penghujan, Kodim 0309/Solok bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan karya bakti pembersihan di area pasar dan pemukiman warga guna mengantisipasi pengembangbiakan nyamuk wabah penyakit, Rabu (6/12).

Adapun giat yang dilaksanakan yaitu pembersihan sampah sisa pedagang, saluran air, rumput dan ilalang, lumpur dan sampah yang berserakan yang tersumbat untuk mencegah genangan air di jalan dan saluran air di sekitar Pasar Raya Solok, kegiatan selesai pukul 21.00 WIB.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Asril, memberikan apresiasi gerak cepat dan kesigapan seluruh personil yang turut serta dalam karya bakti pembersihan Pasar Raya Solok.

“Pasar merupakan tempat berkumpulnya orang untuk melakukan transaksi jual beli sehingga harus memiliki lingkungan yang tetap bersih, sehat dan nyaman,” sebutnya.

Asril berharap seluruh jajaran maupun masyarakat cepat tanggap untuk membersihkan saluran air yang apabila tersumbat atau macet akan menimbulkan genangan air, banjir atau kemacetan dalam berlalu lintas, dan mengajak agar secara rutin bersama-sama melakukan gerakan kebersihan lingkungannya masing-masing, sehingga dengan menjaga lingkungan yang bersih itu akan mencegah menjalarnya penyakit.

“Ini menjadi perhatian kita bersama, jika kita bersama-sama peduli terhadap kondisi ini dengan mengantisipasi sejak awal salah satunya dengan gotong royong maka dapat meminimalisasi bencana pada musim hujan,” jelasnya.

Turut serta dalam kegiatan tersebut Pasiterdim 0309/Solok Kapten Inf Amriade, Batiterdim 0309/Solok, Babinsa Koramil 01/Solok Kota, petugas kebersihan pasar, dan PHL Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok. (ns/r)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan