DLH Gelar Rakor Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2022

DLH Gelar Rakor Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2022

Solok, (InfoPublikSolok) –  Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok menggelar rapat koordinasi Persiapan Pemantauan/Penilaian (P1) Adipura Kota Solok Tahun 2022, di ruang Rapat Zahisni Hazis Lantai dua Sekretariat Daerah Kota Solok, Rabu (22/6).

Rakor dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Pembangunan, Jefrizal, SP, MT, dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat, lurah, instansi vertikal serta Pejabat DLH Kota Solok selaku penyelenggara diwakili oleh Sekretaris DLH Sisvamedi, SH, MH, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Agus Susanto, SH serta Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan, Dahwirman, SE, MSi.

Mengawali pembahasan, Asisten II Jefrizal mengatakan bahwa Penilaian Adipura ini adalah salah satu momen mengenalkan daerah Kota Solok. Ia juga meminta pada seluruh tim yang terlibat agar dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam mewujudkan Kota Solok sebagai Kota Adipura.

“Program Adipura ini mendapat dukungan penuh dari Walikota Solok dan kami berharap juga berharap dukungan dari seluruh komponen masyarakat Kota Solok,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Agus Susanto, SH menyampaikan agar Kota Solok mulai tahun ini menjadi Kota Bersih. “Kami akan berusaha mengakomodir setiap aktifitas mulai dari mengumpulkan sampah, memilah, mengangkut sampah, hingga mengolahnya di TPA, yang penting Kota Solok menjadi Kota bersih, mendapatkan adipura adalah bonus,” tuturnya.

“Kita juga akan melakukan perbaikan dan pembenahan pada lokasi yang menjadi titik pantau adipura seperti TPA, sekolah, perumahan dan permukiman, sungai, saluran drainase, pasar, jalan, dan lokasi-lokasi strategis lainnya,” lanjutnya menambahkan.

Untuk mencapai Kota Solok bersih, jajaran DLH melakukan upaya-upaya seperti melaksanakan gerakan kebersihan dengan mengikutsertakan masyarakat.

“Masyarakat kita sudah ada yang melakukan agenda rutin goro secara berkala yang dinamakan peduli lingkungan, mereka biasa mengadakan setiap tiga bulan sekali, seperti contoh di Perumahan Duta Pahlawan Kelurahan VI Suku di Kecamatan Lubuk Sikarah, ini patut kita contoh dan apresiasi agar masyarakat yang lain juga termotivasi,” sambung Dahwirman.

Sementara itu Sekretaris DLH Kota Solok Sisvamedi,SH,MH mengungkapkan, rakor persiapan ini untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kota Solok sebagai Kota Adipura berkelanjutan serta membangun komitmen antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam pengelolaa sampah, mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah

“Kami berharap masyarakat memiliki minat tinggi dalam menjaga lingkungan, paling tidak di lingkungan tempat tinggal,” harapnya. (nsdp)

Tags: ,