Dokter Kecil Kota Solok Berkompetisi Demi Prestasi

Dokter Kecil Kota Solok Berkompetisi Demi Prestasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas kesehatan adakan lomba dokter kecil berprestasi se – Kota Solok tahun 2019, Sabtu ( 30/11/2019), di aula dinas kesehatan kota solok. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra, MKM, beserta staf, jumlah peserta yang hadir di acara ini 83 orang yang terdiri dari Dokter kecil sekota solok dan guru pendamping UKS sekota solok, adapun juri dalam lomba ini Asmaul Husna,S.Th.i dari Bagian Kesra serta Sulistin Verawati, dari Dinas Pendidikan.

Dalam sambutannya  Niko Rianda Putra mengatakan, ” Program Usaha Kesehatan Sekolah yang dikenal dengan Trias UKS yaitu Pendidikan   Kesehatan,   Pelayanan   Kesehatan   dan   Pembinaan   Lingkungan Sekolah Sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas Pembinaan dan Pengembangan dokter kecil adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari hari,”jelas Niko.

Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri  sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokter Kecil adalah siswa yang dipilih guru untuk melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungan sekolah Pembinaan dan Pengembangan dokter kecil adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing untuk menghayati menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Peran anak untuk mewujudkan hal tersebut dapat disalurkan melalui program dokter kecil. Dokter kecil atau biasa disingkat Dokcil adalah peserta didik (siswa sekolah) yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap dirisendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Tujuan diadakannya program dokter kecil ini adalah untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sehingga siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, rumah dan lingkungannya serta dapat menolong dirinya sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

” Pelatihan Dokter Kecil merupakan bagian dari program UKS yang dilakukan bekerja sama dengan SD/ MI di wilayah Kota Solok. Program ini bertujuan memberikan pendidikan tentang gizi, kesehatan dan kebersihan diri bagi para siswa SD dan guru sekolah, ” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian soal ke peserta lomba dokter kecil, setelah peserta selesai menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh panitia dilanjutkan ke sesi selanjutnya yaitu wawancara, dari hasil dewan juri ada 6 peserta yang bisa menjawab pertanyaan dan sesi wawancara, dari 6 orang peserta tersebut pemenang nya yaitu juara 1,2,3 dan harapan 1,2,dan 3. (es)

Tags: , , , , ,