Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

DPK Kota Solok Sosialisasikan BASIKAMEH (Budayakan Arsip Keluarga Menjadi Arsip Berharga)

DPK Kota Solok Sosialisasikan BASIKAMEH  (Budayakan Arsip Keluarga Menjadi Arsip Berharga)

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menyelamatkan arsip keluarga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) melakukan sosialisasi gerakan BASIKAMEH (Budayakan Arsip Keluarga Menjadi Arsip Berharga), pada hari Selasa (10/9/2019) bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, M. Safni, SE menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena melihat berbagai permasalahan kearsipan yang terjadi masyarakat khususnya dalam sebuah keluarga. “Kita sering mendengar keteledoran dalam pengelolaan arsip entah menyimpan maupun mengelola. Jika hilang tentu akan menjadi permasalahan dan merepotkan orang banyak.” Ungkap M. Safni.

Safni Juga mengungkapkan Pengelolaan dan penyelamatan arsip ini sesuai yang diamanahkan Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, bahwa arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknik perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan.

Arsip keluarga berarti hasil kegiatan atau peristiwa menyangkut  keluarga, karena arsip keluarga sangat penting dalam kelangsungan hidup suatu keluarga, maka perlu diselamatkan dari bencana, seperti banjir, gempa, longsor dan sebagainya, tambah M. Safni.

Senada dengan itu Ermis, SH selaku ketua panitia mengatakan Budayakan Arsip Keluarga Menjadi Arsip Berharga (BASIKAMEH) merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya arsip dan untuk mewujudkan kegiatan GNTA (Gerakan Nasional Tertib Arsip) dan Masyarakat Sadar Arsip yang di canangkan Arsip Nasional Repoblik Indonesia (ANRI).

Peserta Sosialisasi ini berasal dari masyarakat utusan masing kelurahan di Lingkungan Pemerintah Kota Solok dengan jumlah peserta 30 orang. Lebih lanjut Ermis megatakan kegiatan Sosialisasi BASIKAMEH ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan bagi Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kota Solok, agar dapat mengelola dan menyelamatkan arsip keluarganya.

Hasil dari kegiatan ini selain mengenalkan pengelolaan dan penyelamatan arsip keluarga, seiring dengan kemajuan teknologi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan membimbing masyarakat  untuk menyimpanan arsipnya secara digital. Tutup Ermis. (kd)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.