DPPKB Kota Solok Ikut Sukseskan Pelayanan KB Sejuta Akseptor

DPPKB Kota Solok Ikut Sukseskan Pelayanan KB Sejuta Akseptor

Solok, (InfoPublikSolok)  Memperingati Hari Keluarga Nasional Ke XXVII Tahun 2020, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar pelayanan KB sejuta akseptor di seluruh Indonesia.

Di Kota Solok, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana juga ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program BKKBN ini, Senin (29/06).

Kepala DPPKB Kota Solok Ardinal, mengatakan Harganas tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu. Pasalnya saat ini masyarakat Indonesia sedang berada di masa pandemi.

“Hari ini kita ikut merayakan Hari Keluarga Nasional yang ke XXVII dengan ikut menyukseskan gerakan Pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor secara gratis di seluruh Indonesia, dan untuk di Kota Solok kita targetkan 156 akseptor, diusahakan lebih,” ujar Kadis DPPKB

Ardinal menambahkan, pelayanan KB ini menjadi salah satu kegiatan unggulan dalam Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).Pasalnya, Bangga Kencana bertujuan untuk setiap keluarga memiliki dukungan sosial budaya, ekonomi, pendidikan, kesehatan yang memadai agar kehidupan keluarga menjadi sejahtera dan berkualitas.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemko Kota Solok melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana Kota Solok bersama Faskes di Kota Solok beserta Kodim 0309 melalui program Pelayanan TNI KB KES tahun 2020.

Senada dengan apa yang disampaikan Kepala Dinas DPPKB, Pasiter Kodim 0309/Solok Kapten Inf Suryadi menyampaikan kesiapannya dalam menyukseskan program pemerintah dalam pengendalian penduduk ini, “mari kita sukseskan pelayanan sejuta akseptor ini dengan mendatangi tempat pelayanan KB tentunya dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19. Gunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” ujar Kapten Suryadi.

Pelayanan KB serentak ini juga dikunjungi langsung oleh Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian bersama rombongan ke setiap Faskes yang telah dipersiapkan, diantaranya, Klinik wirabraja, Klinik Polres, Puskesmas KTK, Tanah Garam dan Nan Balimo.

Dalam kunjungannya Ketua TP PKK mengajak seluruh masyarakat agar terus menguatkan fungsi-fungsi keluarga agar bisa tumbuh generasi penerus yang bisa diandalkan.

“Untuk pasangan usia subur mari tunda dulu kehamilan. Gunakan alat kontrasepsi KB dan laksanakan protokol kesehatan di setiap gerak langkah kita,” ujar Zulmiyetti.

Tentunya kegiatan ini dapat terselenggara oleh dukungan dan kerja sama oleh PKB Kecamatan Tanjung Harapan dan Lubuk Sikarah. Dengan mendorong kader untuk mengumpulkan Akseptor di masing-masing Kelurahan.

Bersama PKB disetiap Kelurahan, Dra. Zurnelli selaku penanggung jawab pencatatan dan pelaporan telah merekap pencatatan final untuk jumlah akseptor dikota solok mebihi target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 350 Akseptor berhasil dilayani. (ez)

Tags: , , , , ,