Kota Solok Serahkan Bantuan Operasional Bagi Kader

Kota Solok Serahkan Bantuan Operasional Bagi Kader

Solok, (InfoPublikSolok) – Petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa / Kelurahan (PPKBD) dan sub PPKBD serta Kader Kelompok Kegiatan Tribina Bina Keluarga Kota Solok, terima dana operasional dari Pemko Solok melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Ibu Ketua TP PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian didampingi oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian M. Safni, Kepala DPPKB Kota Solok Ardinal dan Camat Lubuk Sikarah Nofri Aprilizen kepada kader, di Aula Kantor Camat Lubuk Sikarah, Rabu (29/7/2020).

Sarana KIE dan Media Lini Lapangan adalah Media Komunikasi Informasi dan Edukasi dalam bentuk lembar balik penyuluhan dan alat peraga yang berguna sebagai sarana dan prasarana penyuluhan Program Kependudukan Dan keluarga Berencana di lapangan baik di kecamatan maupun kelurahan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok (DPPKB), Ardinal menjelaskan, saat ini diserahkan dana operasional sebanyak 157 paket yang dibagikan kepada 17 paket petugas PPKBD, 108 paket petugas sub PPKBD, 19 paket PLKB, dan 13 paket untuk GenRe.

Revitalisasi Program KB untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional saat ini sehingga Pemerintah Kabupaten perlu di dorong untuk melaksanakan tindakan nyata dalam mewujudkan peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan KB yang lebih berkualitas

“Alhamdulillah, saat ini intensitas kegiatan para kader di lapangan cukup baik, artinya, tugas PPKBK dan Sub PPKBK serta kader kelompok kegiatan terus berjalan maksimal dengan turunnya LPP. Kita harapkan angka laju pertumbuhan penduduk terus menurun,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian mangapresiasi kinerja para kader di lapangan. Upaya dari setiap petugas sangat membantu program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang tentunya berdampak pada peningkatan kualitas keluarga.

“Kualitas keluarga yang dimaksud, tentu kualitas di berbagai bidang yaitu kesejahteraan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya. Dengan edukasi dari para kader, tentu masyarakat paham apa yang perlu dilakukan meningkatkan kualitas keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota yang diwakili Staf ahli Bidang Perekonomian M. Safni menyampaikan, setiap kader paham program KB, sehingga masyarakat teredukasi dengan maksimal. Petugas PPKBD dan sub PPKBD juga diminta aktif dalam kegiatan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan (KKBPK) dalam rangka meningkatkan kualitas ketahanan keluarga.

“Kami sangat berharap petugas PPKBD dan sub PPKBD dapat juga memberikan informasi, edukasi dan motivasi di Kampung KB yang ada di Kota Solok, sehingga persoalan kependudukan dapat diatasi, tidak saja dalam menjalankan program KB, tetapi juga melaksanakan perencanaan keluarga untuk penguatan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, M. Safni menyatakan, agar seluruh OPD, Camat dan Lurah dapat mendukung kegiatan kampung KB yang ada di Kota Solok hingga tingkat lini lapangan, sehingga informasi dan edukasi yang disampaikan dapat diterima maksimal oleh masyarakat.(ez)

Tags: , , , , , ,