DPPKB Menyelenggarakan Orientasi Pendataan Keluarga 2021 Bagi Kader PK 21

DPPKB Menyelenggarakan Orientasi  Pendataan Keluarga 2021  Bagi Kader PK 21

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka mengefektifkan perencanaan dan pelaksanaan Pendataan Keluarga 2021, dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi keluarga yang berkualitas dan tepat waktu. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) melakukan orientasi Pendataan Keluarga 2021 (PK 21) selama empat hari dari tanggal 22 s.d. 25 Maret 2021.

Kegiatan Orientasi dibuka oleh Sekretaris DPPKB Kota Solok dr. Muhammad Effendy, dimana peserta orientasi dihadiri oleh 30 orang kader PK 21 dan melibatkan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB)/Manajer Data sebagai narasumber yang telah dilatih oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi untuk memberikan segala informasi yang relevan sesuai kebutuhan Kader PK 21 setempat.

Dalam sambutannya dr. Muhammad Effendy menyampaikan, Karena masih terbatasnya kemampuan kader PK 21 dalam penggunaan smartphone sehingga perlu ditingkatkan lagi kreativitasnya untuk memvalidasi Basis Data Keluarga Indonesia 2021 dengan memberikan orientasi tambahan di Kelurahan masing-masing di bawah arahan supervisor.

Lebih lanjut, dr. Muhammad Effendy mengatakan Basis Data Keluarga Indonesia tersebut terdiri dari 3 komponen pendataan antara lain : Data Kependudukan, Data Keluarga Berencana, dan Data Pembangunan Keluarga.

Komponen tersebut akan dimanfaatkan untuk pengelolaan data rutin pelayanan KB dan pengendalian lapangan, sehingga akan saling terintegrasi satu sama lain agar sumber data dan informasi keluarga lebih berkualitas dan dapat divalidasi oleh Manajer tingkat Kecamatan dan/atau pengelola data di Kabupaten/Kota.

Dalam kegiatan orientasi narasumber menjelaskan semua kader PK 21 harus memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan informasi basis data keluarga 2021 antara lain : Sketsa peta keluarga dan jumlah KK, Kunjungan rumah yang di data, Wawancara untuk pemilik data, Buku panduan pendataan bagi kader, Orientasi bagi kader pendata dan supervisor, Serta Kader pendata, supervisor, Manajer Data dan Manajer pengelola

Disarankan juga oleh narasumber mengingat bulan Ramadhan maka pendataan keluarga diperbanyak kuantitasnya mulai dari 1 April s.d 31 Mei 2021. (ss)

Tags: , , , , , , , , , ,