DPPPA Gelar Sosialisasi Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak Sekaligus Penandatanganan Komitmen Bersama

DPPPA Gelar Sosialisasi Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak Sekaligus Penandatanganan Komitmen Bersama

Solok, (InfoPublikSolok) -Dalam rangka mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan layak anak di Kota Solok, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) pada Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Data dibawah Seksi Pemenuhan Hak Anak mengadakan Sosialisasi Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak sekaligus Penandatanganan Komitmen bersama di Aula Kecamatan Lubuk Sikarah pada Senin (20/09/2021).

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas PPPA Delfianto, didampingi oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Data Eva Murgana, Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak Amelia Mirani Dewinta beserta jajarannya dan diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari Camat, Lurah, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Kasi Kesejahteraan Rakyat dan Kasi Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan di Kota Solok serta Fasilitator Forum Anak Kecamatan & Kelurahan.

Maksud dan tujuan acara ini adalah Meningkatkan pemahaman Aparatur Kelurahan dan Kecamatan tentang Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak serta berkomitmen bersama mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak di Kota Solok.

Acara Sosialisasi berupa Pemberian materi dan Pemahaman Kelurahan Layak Anak (KELA) dan Kecamatan Layak Anak (KELANA) kepada peserta, Penandatanganan komitmen bersama serta diskusi dan tanya jawab. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Wanda Leksmana, SH dari LSM Ruang Anak Dunia (RUANDU) Foundation Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Delfianto menyampaikan bahwa Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat [2) bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

“Dalam upaya percepatan terwujudnya Kota Solok sebagai Kota Layak Anak, maka pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kota Solok pada tanggal 16 September 2016 yang lalu, kita telah Launching Komitmen/Deklarasi Kota Solok Menuju Kota Layak Anak. Banyak hal yang perlu kita lakukan dalam upaya mewujudkan Kota Solok Menuju Kota Layak Anak, salah satunya adalah mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak” tutur Delfianto.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Solok dalam upaya mewujudkan Kota Solok Layak Anak, telah diterbitkan kebijakan berbentuk Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak, dan Peraturan Walikota Solok Nomor 38 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak, yang mengatur tentang bagaimana langkah-langkah Pemerintah Kota Solok dalam mewujudkan Kota Layak Anak, salah satunya dengan membentuk Kecamatan dan Kelurahan Layak.

“Berdasarkan hal tersebut, maka pada hari ini kami melakukan sosialisasi Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak sekaligus Penandatanganan Komitmen bersama mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak di Kota Solok” jelas Delfianto

Penandatanganan Komitmen bersama mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak di Kota Solok dilakukan oleh perwakilan Kelurahan dan Kecamatan yang ada di Kota Solok.

Adapun isi dari Komitmen Bersama Mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak Untuk mendukung Kota Solok Layak Anak adalah (1) Mengoptimalkan peranan Gugus Tugas Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak untuk mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak (2) Meningkatkan peranan pemerintah, lembaga masyarakat, dunia usaha, dan media masa untuk mewujudkan Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak (3) Mendukung peranan Forum Anak Kelurahan dan Kecamatan sebagai pelopor dan pelapor program perlindungan anak (4) Melibatkan Forum Anak Kelurahan dan Kecamatan dalam perencanaan pembangunan daerah tingkat Kelurahan dan Kecamatan (5) Memenuhi indikator Kelurahan dan Kecamatan Layak Anak yang mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak. (oh)

Tags: , , , , ,