DPRD Kota Solok Dukung Silaturahmi Silek Tuo

DPRD Kota Solok Dukung Silaturahmi Silek Tuo

Solok, (InfoPublikSolok) – Anggota DPRD Kota Solok, Rusdi Saleh menghadiri arisan bulanan silaturahmi silek tuo yang bertempat di Sasaran Silek Tuo “Kinari Jantan“ Parak Anau Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Sabtu (12/10) malam.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Pemko Solok, Alkaf, Ketua LKAAM Kota Solok,H Rusli Khatib Sulaiman, Lurah Tanah Garam,Asril, Ketua LPMK Kelurahan Tanah Garam, serta sasaran Silek Tuo Kota Solok diantaranya, Sasaran Silek Tuo Sinpia, Sasaran Silek Limbago Budi, Sasaran Silek Harimau Damam, Sasaran Silek Harimau Tungga, Sasaran Silek Harimau Aka, Sasaran Silek Sejati, Sasaran Silek Silaturahmi, Sasaran Silek Gumarang dan Sasaran Silek Langkah Ampek.

Silek merupakan salah satu warisan jati diri dan kebudayaan nenek moyang masyarakat Minangkabau. Beladiri asli Minangkabau ini berfungsi sebagai pertahanan diri dan pertahanan wilayah, selain itu merupakan sarana pendidikan pembentukan karakter masyarakat. Gerakan silek diciptakan oleh nenek moyang Minangkabau dengan nilai, kearifan, jati diri serta unsur yang mengambil gerakan-gerakan dari alam dan kehidupan.

Silek sebagai bagian dari filosofi hidup masyarakat Minangkabau dengan falsafah Alam Takambang Jadi Guru. Melalui kearifan lokal tersebut di Kota Solok selalu gelar silaturahmi sesama sasaran silek yang saat ini terdaftar sekitar 32 sasaran silek yang ada Kota Solok.

Anggota DPRD Kota Solok, Rusdi Saleh yang mewakili Ketua DPRD Kota Solok, menyampaikan DPRD Kota Solok akan terus mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan pelestarian seni dan budaya termasuk salah satunya silek tuo. Silek bukan hanya mengajarkan untuk berkelahi, namun silek itu sendiri merupakan sebuah tradisi yang mengajarkan tata cara berfikir dengan berlandaskan kepada agama serta adat istiadat yang harus terus dilestarikan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

“Event Basilumuh yaitu silaturahmi silek tuo seluruh sasaran silek se Sumatera Barat yang ciri khasnya memainkan silek tuo dalam sawah, kami dukung pelaksanaannya untuk tahun 2020 mendatang. Event Basilumuh diharapkan dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kota Solok.” ujar Rusdi.

Lanjutnya, Silek Tuo harus terus di lestarikan karena merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di Kota Solok khususnya. Saat ini Silek sedang di usulkan ke Unesco sebagai salah satu warisan dunia. Melalui kegiatan ini kita berharap dapat terjalin silaturahmi antara berbagai pihak serta semakin banyak anak nagari yang tertarik belajar Silek Tuo.

Ketua LKAAM Kota Solok,H Rusli Khatib Sulaiman menjelaskan silaturahmi sesama seluruh sasaran silek tuo di Kota Solok ini di adakan satu bulan sekali dengan cara bergiliran pada masing-masing sasaran silek yang ada di Kota Solok. Kegiatan ini berada di bawah nauangan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Solok ini menggunakan anggaran APBD yang terletak di Dinas Pariwisata Kota Solok.

“Kami berharap silaturahmi guna melestarikan seni budaya dapat menjalin hubungan baik antar sasaran silek yang ada di Kota Solok khususnya,” tutur H. Rusli. (wh)

Tags: , , , , , , ,