Dua Siswi SMAN 3 Terima Penghargaan Usai Kejar Pelaku Kejahatan

Dua Siswi SMAN 3 Terima Penghargaan Usai Kejar Pelaku Kejahatan

Solok, (InfoPublikSolok) – Secara mendadak jajaran pimpinan Polres Solok Kota kunjungi SMAN 3 Solok yang dipimpin langsung Waka Polres Kompol Budi Prayitno didampingi Kabag Ops dan Kapolsekta Solok, Selasa (5/3/2019) siang.

Kedatangan jajaran pimpinan Polres ini bertujuan untuk memberikan piagam penghargaan kepada dua orang siswi SMAN 3 Solok yang sebelumnya pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB sebagai korban penjambretan di jalan raya yang terjadi di kawasan Taman Pramuka Ampang Kualo kota Solok. Kedua siswi tersebut bernama Zahra Syamfitri dan Tiara Pratiwi pelajar kelas X IPA 6.

Kejadian berawal dari kedua orang siswi ini pergi menjemput buku yang tertinggal di rumahnya kawasan Ampang Kualo. Motor dibawa oleh Tiara pratiwi dan di belakang Zahra Syamfitri.
Ditengah perjalanan Zahra yang membonceng di belakang menerima panggilan masuk dari hp-nya, dari arah belakang tiba-tiba datang seorang lelaki mengendarai sepeda motor langsung merebut HP siswi ini, sehingga menyebabkan siswi ini terjatuh. Tersentak, kedua siswi ini dengan segera mengejar pelaku dengan kaki yang masih sakit menuju arah Kampung Jawa mengikuti pelaku.

Sesampainya di sekitar Masjid Nurul Yaqin Kampung Jawa, pelaku yang dikejar jatuh karena ada gundukan pasir, sehingga siswa yang mengejar ini juga ikut jatuh kerena tidak sempat mengerem, untung kedua siswi ini tidak terluka lagi.

Seketika, Zahra langsung menghampiri pelaku dengan menayakan keberadaan HP-nya, si pelaku pura-pura tidak bersalah dan mengelak, rupanya ada saksi yang sempat melihat pelaku melemparkan HP sebelum dia terjatuh. Setelah dicari rupanya korban menemukan HP-nya sudah hancur. kemudian tak lama berselang berdatangan masyarakat dan membawa pelaku dan korban ke kantor polisi pada pagi hari itu.

Wakapolres, Budi Prayitno, sangat mengapriasiasi tindakan siswa ini yang sangat berani sekali dan sangat jarang terjadi karena korban adalah perempuan dan tidak mempunyai ilmu beladiri. Atas keberanian mereka ini, kedua siswi mendapatkan piagam penghargaan dan HP baru serta uang tunai dari Polresta Solok Kota sehingga pelaku jambret dapat tertangkap dan akan diadili atas aksi kejahatannya.

Pada kesempatan itu, Eli Irmanita selaku kepala sekolah SMA Negeri 3 Solok mengaku sangat terkejut dua orang siswinya korban penjambretan dan sekaligus telah berhasil mengungkap pelaku penjambretan di kota Solok. Eli juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Solok Kota atas penghargaan dan perhatian yang diberikan kepada siswanya. (dp)

Tags: , , ,