Dukung Program Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara, DWP Kemenag Kota Solok Ikuti Tes IVA dan Sadanis

Dukung Program Pencegahan Kanker Serviks dan Payudara, DWP Kemenag Kota Solok Ikuti Tes IVA dan Sadanis

Solok (InfoPubliSolok) – Dalam rangkaian acara DWP Kemenag RI memperingati Kemerdekaan RI ke-77 tahun, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Afrizal didampingi Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Ny. Hj. Des Afrizal, menghadiri dan mengikuti kegiatan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Sadanis (Periksa Payudara Klinis) yang digelar DWP Kanwil Kemenag Sumatera Barat di Puskesmas Kurai Taji Kota Pariaman, Rabu (10/8).

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut. Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul masalah serius.

Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya.

Berdasarkan itulah Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI, melalui Dharma wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumatera Barat Melaksanakan Tes Iva dan Sadanis. Dibuka Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara luring dan virtual, upaya Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI dibawah binaan Ny. Eny Retno Yaqut, mengadakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) & Sadanis (Periksa Payudara Klinis) secara serentak se-Indonesia disambut positif di Sumbar.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, H. Helmi memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua beserta pengurus atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai wujud dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah penyakit kanker serviks dan payudara.

Saat wawancara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Afrizal mengungkapkan, sebagai Kepala Kantor Kemenag Ia sangat mendukung kegiatan ini, apalagi ini menyangkut kesehatan para istri ASN, bila istrinya ASN sehat maka para suami bisa fokus untuk bekerja di kantor. “Peran serta istri sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja para suami,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kota Solok mengikutsertakan anggotanya untuk ikut Tes IVA dan Sadanis sebanyak 7 orang terdiri dari, Ny. Nina Muhibut Tibri, Ny. Okti Irawadi Uska, Ny. Gus Amril, Fitra Wati, Rita Malinda, Petrawati, Evi Kayama. Keikutsertaan anggota Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kota Solok, wujud dalam partisipasi dalam program yang diselenggarakan pemerintah.

“Kegiatan ini untuk mengetahui dan meminimalisir berjangkitnya penyakit kanker Servik dan kanker Payudara bagi istri-istri ASN. Wanita sehat akan menghasilkan keluarga yang sehat dan tangguh serta anak-anak yang sehat,” kata Ketua DWP Kemenag Kota Solok, Ny. Hj. Des Afrizal.

Kegiatan turut dihadiri Walikota Pariaman, Genius Umar beserta istri, Lucyanel, Kabag TU H Miswan, jajaran Kabid, Kakan.Kemenag Kabupaten/Kota se-Sumbar, Kasubbag TU, Sub Koordinator, Ketua DWP Kankemenag se-Sumbar serta diikuti 271 peserta di lingkungan Kemenag Kabupaten/Kota se-Sumbar. (helda)

Tags: ,