Duta Genre Kota Solok Kunjungi Siswa SMA Negeri 3

Duta Genre Kota Solok Kunjungi Siswa SMA Negeri 3

Solok, (InfoPublikSolok) – Duta Genre (Generasi Berencana) binaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok kunjungi siswa-siswi SMA Negeri 3 Solok , Jumat, (1/2/2019) pagi.

Roadshow ke sekolah ini dilaksanakan dalam rangka mengampanyekan program kegiatan Duta Genre Kota Solok. Kedatangan para Duta Genre Kota Solok tahun 2018 juga turut didampingi oleh Koordinator PLKB Kecamatan Lubuk Sikarah, Rahma Yulinis, SH.

Dalam orasinya di hadapan seluruh siswa SMA N 3 yang hadir di halaman sekolah, Duta Genre kota solok yang diwakili oleh Fadil, menekankan bahwa selaku generasi muda harus memiliki prinsip dan slogan katakan tidak pada seks bebas, prilaku menyimpang LGBT dan katakan tidak pada Narkoba.

Caranya adalah dengan memiliki pengetahuan yang luas dengan banyak membaca buku ilmu pengetahuan, kemudian sikap dan prilaku yang positif dapat disalurkan melalui komunitas kesenian olahraga dan hobi. Serta benteng yang paling kuat adalah memiliki akhlak yang baik.

Fadil juga menyampaikan bahaya pernikahan usia dini serta pentingnya melakukan pernikahan pada usia matang, lantaran itu berpengaruh pada perencanaan yang baik bagi kehidupan.

“Usia ideal pernikahan itu untuk perempuan di atas 21 tahun dan di atas 25 tahun bagi pria. Kalau pernikahan terlalu muda itu tidak bagus. Karena sama-sama masih belum dewasa. Sehingga, dikhawatirkan tidak mampu melewati masalah dalam kehidupan,” urainya.

Program Duta GenRe masuk sekolah ini sekaligus menyosialisasikan tentang kriteria pemilihan siswa sebagai Duta Genre Kota Solok untuk tahun 2019 yang akan datang.

Kepala Sekolah, Eli Irmanita, S.Pd didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Rozalinda, S.Pd. M.Si, sangat mendukung program ini, karena belakangan ini media selalu memberitakan maraknya pergaulan bebas, prostitusi dan LGBT.

Bukan hanya di kota-kota besar, lanjutnya, bahkan di kota kecil yang masih kuat pengawasan sekalipun juga ditemui perilaku menyimpang LGBT, seks bebas, prostitusi dan Narkoba, hal tersebut tak lepas dari berkembang pesatnya arus informasi dan sarana komunikasi, terutama melalui media sosial. Hal ini tentu sangat merisaukan sekali terutama dampaknya terhadap generasi muda.

Generasi muda usia remaja sangat rentan terpengaruh dan terpapar hal-hal buruk demikian karena pada dasarnya usia remaja memiliki rasa ingin tahu yang besar. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan generasi muda terutama para siswa-siswi SMA Negeri 3 Solok khususnya tidak mudah terjebak serta dapat waspada juga menghindari semua fenomena buruk tersebut. (dp)

Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: