DWP Sekda Gelar Kegiatan Internet Cerdas

DWP Sekda Gelar Kegiatan Internet Cerdas

Solok, (InfoPublikSolok) – Acara rutin bulanan yang diadakan Dharma Wanita Persatuan Unit Sekretariat Daerah Kota Solok yang dipimpin langsung oleh ketua DWP Ny. Ria Zulfatma Rusdianto, pada Jum’at (23/3) di ruang rapat Sekda, mengangkat tema penggunaan media sosial yang sehat dan beretika dengan menghadirkan narasumber Beny Junaidi,S.Sos.,M.I.Kom dari Dinas Komunikasi dan Informatika.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin gencar di zaman milenial ini membuat siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk membuat dunia berada dalam genggaman, sebab itu dibutuhkan pemahaman bagaimana memanfaatkan teknologi informasi secara arif dan bijaksana. Narasumber memulai  presentasi tentang apa itu Hoax dan dampaknya, kemudian bagaimana menyikapi perkembangan teknologi informasi yang telah semakin maju seperti ramalan  Marshall McLuhan dalam bukunya yaitu Understanding Media : Extension of A Man, Global Village (1960)  yaitu ia menganalogikan dunia menjadi sebuah desa yang sangat besar. Narasumber yang juga merupakan Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Kominfo ini juga memberikan beberapa contoh kasus  maupun data terkait pelanggaran Undang Undang No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ia juga menyampaikan akan pentingnya Nilai nilai agama dan pendidikan agar kita semua menjadi pengguna Medsos yang bijak. Setelah materi berlangsung dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. sebelum menutup pemaparannya Narasumber memberitahukan bahwa Dinas Kominfo pada Tahun Anggaran ini telah melakukan kegiatan pengawasan terhadap konten yang ada diseluruh warnet di Kota Solok, kedepan Kominfo juga akan memberikan edukasi bagi pelajar agar menggunakan internet dengan cerdas. Dan bagi masyarakat yang ingin mengetahui mengenai apakah sebuah informasi itu Hoax bisa melalui aplikasi turnbackhoax.id. Mari Unduh yang sehat dan Unggah yang bermanfaat, tutup Beny.

Acara ini selain dihadiri Ketua DWP Unit Ny Ria Rusdianto, Sekretaris DWP Unit Ny Is Jefrizal dan anggota DWP lainnya, selanjutnya Ketua DWP Unit menyampaikan beberapa pesan kepada para anggotanya bahwa peran orangtua dan guru sangat penting dalam menjaga dan mengawasi anak anak kita, mari kita dukung program Pemerintah Kota yaitu Matikan TV pada pukul 18.00 hingga 21.00 Wib dan melaksanakan Magrib mengaji. Beliau juga mengingatkan ibu ibu agar gemar mengkonsumsi Ikan serta menghijaukan pekarangan rumah. Sementara itu guna menjaga keharmonisan rumah tangga ia hanya meneruskan pesan dari Ibu Nevi Irwan Prayitno agar tetap menjaga keutuhan  dan kebahagiaan kelurga, salah satunya dengan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja suami masing masing, jelasnya. (Eg)

Tags: , , ,