Edukasi Merdeka Belajar Versi SDN 03 Kampung Jawa

Edukasi Merdeka Belajar Versi SDN 03 Kampung Jawa

Solok, (InfoPublikSolok) – SDN 03 Kampung Jawa melaksanakan kegiatan belajar diluar sekolah (edukasi merdeka belajar) ke Polres Solok Kota pada tanggal 29 Maret dan 30 Maret 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini diikuti oleh 57 siswa kelas 3, yang didampingi oleh Twenti Nenofti selaku Wali Kelas, dan beberapa orang guru yaitu Haryati Ningsih, Gorlis Gianto dan Masykur.

Rombongan langsung disambut oleh Kapolsek AKBP Ferry Suwandi, SIK dan Seluruh anggota Polres Solok Kota. Dalam sambutannya Kapolsek mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan Program Sahabat Anak yang sudah berjalan.

Kegiatan dimulai dari pengenalan para petugas kepolisian, seragam dan atribut yang digunakan saat bertugas serta macam-macam kendaraan operasional yang dimiliki oleh Polres Solok Kota. Tidak hanya melihat, para siswa juga diizinkan untuk menaiki kendaraan tersebut.

 

Ditemui di ruang kerjanya, Aspit, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 03 Kampung Jawa menjelaskan bahwa kegiatan merdeka belajar ini merupakan pembelajaran secara nyata di lingkungan. “Edukasi yang rutin kami lakukan setiap pembelajaran bertujuan agar siswa belajar secara langsung dari lingkungan,” tutur Aspit, S.Pd.

Siswa dan Guru sangat antusias dengan kegiatan ini, selain dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, belajar di luar kelas akan membuat pikiran dan semangat belajar menjadi meningkat.

Pembelajaran yang monoton tentu akan mudah membuat jenuh, sehingga dapat menurunkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Pembelajaran di luar kelas merupakan sarana terapi efektif untuk memacu semangat dan rajinnya siswa dalam belajar. Beberapa siswa yang mengalami penurunan kesadaran dalam hal belajar, terbukti telah menjadi semangat kembali setelah mengikuti aktivitas pembelajaran di luar kelas.

Sumber : Noferi Hardi Arsy, Amd. Kom (Guru SDN 03 Kampung Jawa)

Tags: , ,