Edukasi Penanganan Potensi Bencana di Kelurahan Nan Balimo

Edukasi Penanganan Potensi Bencana di Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Kelurahan Nan Balimo menggelar sosialisasi dan edukasi terkait dengan penanganan bencana dan kebakaran di Aula kelurahan setempat, Rabu (24/7).

Bertindak sebagai narasumber Syukur Hermanto, Kasi Keselamatan dan Bencana Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solok berserta Tim, Adel Wiratama, Kasi Rahabilitasi dan rekonsstriksi BPBD Kota Solok beserta Tim. Turut hadir Ketua LPMK Kelurahan Nanbalimo, Ketua RT/RW, Linmas, Pemuda, Kader PKK, Bundo Kanduang serta tokoh masyarakat Kelurahan Nanbalimo.

Kegiatan edukasi kali ini dilaksanakan di dalam dan diluar ruangan. Di dalam ruangan dilaksanakan pemberian materi oleh narasumber dari Damkar serta BPBD. Sedangkan di luar ruangan dilaksanakan demonstrasi penanganan kebakaran.

Acara ini dibuka oleh Lurah Nan Balimo, Rahman Hidayu. Disampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini didasarkan pada amanat Permendagri No. 130 tahun 2018 yaitu tentang pemberdayaan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi sekaligus pelatihan. Lurah Nanbalimo berharap agar masyarakat dapat dengan cakap melakukan penanganan ketika terjadi bencana alam dan kebakaran.

Narasumber pertama Syukur Hermanto yang merupakan Kasi Keselamatan dan Bencana menyampaikan beberapa teknis serta tips dalam menghadapi kebakaran. Ia menyampaikan bahwa ketika terjadi kebakaran korban tidak hanya mengalami kerugian materi tetapi juga psikologi.

Fungsi dari damkar sendiri adalah untuk menyelamatkan bagian-bagian yang akan terbakar, dalam hal ini membatasi menjalarnya api. Tips yang diberikan ketika melihat adanya kebakaran adalah tidak usah cemas dan tetap tenang agar dapat berfikir dengan baik untuk mencari solusi terbaik untuk menangani kebakaran.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, hambatan yang sering dihadapi oleh Damkar adalah masyarakat yang memadati akses ke titik kebakaran sehingga mobil Damkar sulit untuk menuju ke titik kebakaran tersebut. Dalam pidatonya bapak syukur mengungkapkan, “berikan kami keleluasaan untuk bekerga saat di lapangan,” ungkapnya.

Narasumber selanjutnya Adel Wiratama selaku Kasi Rahabilitasi dan Rekontruksi BPBD Kota Solok pada kesempatan ini menyampaikan kepada warga tentang telah ada aplikasi online yang bernama Puspina BPBD Kota Solok.

Selain untuk melaporkan kejadian, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai bencana yang telah terjadi di kota Solok, cuaca hari ini, serta berita kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPBD. 

“Aplikasi ini dapat di-download melalui playstore di smartphone. Untuk masuk ke dalam aplikasi pengguna diharuskan mengisi nomor HP, email, serta alamat. Untuk membuat laporan, melalui tombol menu lapor, laporan dibuat dengan mengirimkan foto, lokasi kejadian serta jenis bencana, tujuannya agar tim dapat membawa peralatan yang sesuai dengan bencana yang terjadi,” paparnya.

Selanjutnya setelah materi diberikan, peserta diarahkan untuk melihat demonstrasi penanganan kebakaran di halaman kantor Lurah Nan Balimo. (cps)

Tags: , , , ,