Empat Kelurahan di Kota Solok Ikuti Pelatihan JITUPASNA

Empat Kelurahan di Kota Solok Ikuti Pelatihan JITUPASNA

Solok, (InfoPublikSolok) – Kota Solok mengikutsertakan empat Kelurahan pada kegiatan Pelatihan Kebutuhan Pasca Bencana (JITUPASNA) selama delapan hari (20 Februari s.d 3 maret 2019) bertempat di Hotel Axana Padang.

Gelombang pertama diikuti oleh Kelurahan Koto Panjang dan Kelurahan KTK. Sedangkan untuk gelombang kedua diikuti oleh Kelurahan Laing dan Tanah Garam.

Pelatihan yang difasilitasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat ini diikuti 50 peserta setiap angkatan. Tahun ini JITUPASNA mengikutsertakan Sekretaris Nagari / Lurah utusan dari BPBD kabupaten/kota.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. Dalam sambutannya, Wagub Nasrul Abit berharap setelah Pelatihan Kebutuhan Pasca Bencana ini para peserta dapat mengetahui dan menerapkan kajian kebutuhan tentang penanggulangan bencana maupun pasca bencana di wilayahnya.

Lebih lanjut, Wagub berharap nantinya tidak ada data yang masuk dari Tim JITUPASNA yang dilatih saat ini. Hal ini mengindikasikan tidak adanya bencana yang terjadi di Provinsi Sumatera Barat.

Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Widya Iswara Pusdiklat BNPB, BPBD Provinsi Sumatera Barat bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan Pelatihan Kebutuhan Pasca Bencana (JITUPASNA) kali ini.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta bagaimana cara mengkaji kebutuhan pasca bencana dan menyusun redaksi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana secara cepat, tepat dan terpadu. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu menghiting nilai kerugian yang ditimbulkan akibat bencana secara cepat dan akurat. (aw)

Tags: , , ,