Evakuasi Longsoran Rumpun Bambu di Batang Gawan

Evakuasi Longsoran Rumpun Bambu di Batang Gawan

Solok, (InfoPublikSolok) –   Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok lakukan evakuasi longsoran rumpun bambu yang tumbang akibat amblasnya tebing Sungai Batang Gawan

Pohon bambu yang tumbang terjadi di daerah Gawan tepatnya di bekas lokasi PT. Arpex Kelurahan Tanah Garam Kota Solok. Dari laporan warga diketahui amblasnya tebing sungai Batang Gawan terjadi seminggu sebelum hari Raya Idul Fitri 1440 H. Tebing sungai yang amblas mengakibatkan tumbangnya rumpun bambu dan menghambat aliran sungai Batang Gawan. Tidak hanya menghambat aliran sungai namun juga memutus jembatan yang menjadi akses jalan bagi warga yang ingin pergi ke sawah.

Tim TRC BPBD Kota Solok yang didampingi oleh perwira piket bersama Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi turun ke lokasi kejadian dan langsung melakukan evakuasi material rumpun bambu yang menutupi aliran sungai Batang Gawan, Selasa, (2/7/2019).

“Pembersihan material rumpun bambu dilakukan secara manual menggunakakan parang dan peralatan lainnya,” kata Adel Wiratama, ST selaku Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Lebih lanjut, pembersihan material pohon bambu yang tumbang tidak dapat dilakukan sepenuhnya oleh Tim TRC BPBD Kota Solok. “Tim TRC BPBD yang turun ke lokasi kejadian mengalami kendala saat melakukan evakuasi material rumpun bambu tersebut. Hal ini disebabkan oleh ruas rumpun bambu yang tumbang memiliki ukuran yang sangat besar dan penumpukan sampah juga sudah terlalu banyak,” ungkap Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Tidak hanya itu, lokasi terdampak amblasnya tebing sungai batang gawan juga cukup luas, sehingga pembersihan tidak dapat dilakukan secara manual dengan peralatan seadanya, dibutuhkan bantuan alat berat untuk mengangkat sisa-sisa rumpun bambu yang menutupi aliran sungai. (ma)

Tags: , , , ,