Evaluasi Dan Tindak Lanjut Penanggulanagan Banjir Di Kota Solok

Evaluasi Dan Tindak Lanjut Penanggulanagan Banjir Di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Solok mengadakan pertemuan untuk mengevaluasi program penanggulangan pasca terjadinya banjir yang melanda Kota Solok pada selasa (12/01/2021). Pertemuan yang bertempat di Ruang Walikota Solok ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, yang dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pangan, Kepala BPBD, Camat dan 9 Lurah di Kota Solok yang terkena dampak banjir. Pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan, sebelumnya sudah dilakukan rapat darurat, saat wakil DPRD Provinsi Sumbar serta Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar berkunjung ke Kota Solok meninjau korban banjir yang tersebar di beberapa titik di kota Solok.

Pertemuan ini membahas tindak lanjut penanggulangan pasca bencana banjir, dengan agenda validasi data masyarakat yang terkena dampak banjir. Walau bencana ini tidak ada korban jiwa, namun menimbulkan kerusakan fisik seperti bangunan rusak, kerusakan properti dan lain-lain. Menurut Sekretaris Daerah Drs. Syaiful A, Pemberian bantuan beras diberikan kepada seluruh masyarakat yang terkana dampak tidak terkecuali TNI, Polri dan ASN, termasuk masyarakat golongan ekonomi menengah keatas.

Pada pertemuan ini juga direncanakan jumlah beras yang akan diberikan, dengan asumsi masing masing jiwa membutuhkan 300 gram/kap/hari, sehingga ditemukan ±  10,5 kg beras untuk masing-masing KK, jumlah KK yang terdampak 1730 KK,  sehingga total beras yang akan didistribusikan sekitar18, 165 ton. Sumber data penerima diperoleh dari Kelurahan setempat. Syarat utama penerima adalah KK atau surat keterangan dari RT setempat. Bantuan yang akan diberikan merupakan beras cadangan pangan Pemerintah dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat. Direncanakan untuk saat ini masing masing Lurah akan mendata ulang korban banjir yang terdampak dan pada hari senin tanggal 18 Januari 2021 setalah data telah tervalidasi, akan dilaksanakan distribusi beras dari Gudang Bulog Cabang Solok ke masing masing Kelurahan sesuai dengan data yang ada. Kemudian pada masing-masing Kelurahan akan disitrbusikan ke masyarakat sesuai dengan data korban yang terdampak.

Kepala Dinas Pangan Kusnadi memaparkan pemberian bantuan beras ini adalah salah satu langkah Pemerintah Kota untuk meringankan korban banjir dengan tepat sasaran dan dengan langkah cepat.

“Bantuan ini merupakan bantuan lanjutan setelah Dinas Sosial mengelar dapur umum untuk masyarakat yang terdampak, dan bantuan langsung lainnya dari BPBD Kota Solok,” papar Kusnadi.

Senada dengan itu Asisten I, Nova Elvino menyampaikan kerugian masyarakat akibat banjir selasa lalu telah langsung ditangani oleh BPBD, Dinas Sosial, setelah keadaan mulai stabil pada pasca bencana banjir, bantuan masih dilanjutkan oleh Dinas Pangan selama 7 hari kedepan.

Pembagian bantuan bertempat di Kantor Lurah masing-masing, sehingga Lurah bertanggung jawab terhadap bantuan yang diberikan berupa tanda terima. Teknis dilapangan, masing-masing penerima bantuan akan menjemput beras ke Kantor Lurah masing-masing, tanpa diantar ke rumah warga. Cara ini lebih praktis dan lebih menghemat personil di lapangan.

Sekretaris Daerah berpesan segala kemungkinan dilapangan untuk selalu dikordinasikan dengan baik. “Saling berkoordinasi dalam menghadapi permasalahan adalah kunci keberhasilan,” tutup Sekretaris Daerah”. (rab).

Tags: , , , , , , , ,