Evaluasi Pengawasan Penetapan Peserta Pemilu dan Penetapan Dapil di Kota Solok

Evaluasi Pengawasan Penetapan Peserta Pemilu dan Penetapan Dapil di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Bawaslu Kota Solok laksanakan evaluasi pengawasan penetapan peserta Pemilu dan Penetapan Daerah Pemilihan Pemilu Tahun 2024, bertempat di Hotel Taufina Kelurahan Aro IV Korong, Kota Solok, Selasa (21/2).

Evaluasi dihadiri Anggota dan Staf Sekretariat Bawaslu Kota Solok, Anggota KPU Kota Solok, serta Panwaslu Kecamatan. Dalam pembukaan acara, Plh. Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul Amin, menyampaikan bahwa evaluasi Pengawasan Penetapan Peserta Pemilu dan Penetapan Daerah Pemilihan Pemilu Tahun 2024 dalam rangka menyamakan persepsi terhadap pelaksanaan pengawasan pendaftaran Partai Politik dan pengawasan penetapan daerah pemilihan DPRD Kota Solok pada Pemilu tahun 2024.

“Pengawasan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan Partai Politik peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD serta tahapan penetapan Dapil Pemilu tahun 2024 telah selesai dilaksanakan, sehingga hari ini perlu kita lakukan evaluasi,” jelas Rafiqul.

“Evaluasi perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya sengketa proses Pemilu pada tahapan tersebut,” lanjutnya.

Seperti diketahui, 18 partai politik secara nasional telah ditetapkan oleh KPU RI, yakni (1) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), 3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), 4. Partai Golongan Karya (Golkar), 5. Partai Nasional Demokrat (NasDem), 6. Partai Buruh, 7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), 8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), 10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), 11. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)
12. Partai Amanat Nasional (PAN), 13. Partai Bulan Bintang (PBB), 14. Partai Demokrat, 15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI), 16. Partai Persatuan Indonesia (Perindo), 17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan 18. Partai UMMAT.

Rafiqul menambahkan, Daerah Pemilihan (Dapil) merupakan arena kompetisi beserta jumlah kursi yang diperebutkan untuk mewakili aspirasi dan kepentingan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Penyusunan dan Penetapan Dapil anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota memperhatikan prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesifitas, dan kesinambungan.

Sementara itu, Divisi Pencegahan Bawaslu Kota Solok, Budi Santosa menyatakan bahwa evaluasi adalah penilaian terhadap pelaksanaan pengawasan penetapan peserta Pemilu dan penetapan Dapil Pemilu 2024, yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Solok beserta jajaran.

“Semua yang hadir tersebut adalah subyek dan obyek pelaku dalam pelaksanaan tahapan pendaftaran partai politik dan pengawasan penetapan daerah pemilihan DPRD Kota Solok pada Pemilu tahun 2024. Jadi saya yakin kita bisa memberikan penilaian terhadap seluruh proses yang telah berlangsung dari tahapan awal sampai akhir,” katanya.

Anggota KPU Kota Solok, Ilham Eka Putra yang hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan bahwa KPU Kota Solok telah melaksanakan tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan Partai Politik peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD serta melaksanakan tahapan penyusunan Dapil.

Untuk pemilihan Anggota DPRD Kota Solok tahun 2024, KPU Kota Solok telah menetapkan Dapil Kota Solok I meliputi daerah Kecamatan Lubuk Sikarah (jumlah penduduk 42.644) dengan alokasi kursi sebanyak 11 kursi dan Dapil Kota Solok II meliputi daerah Kecamatan Tanjung Harapan (jumlah penduduk 34.891) sebanyak 9 alokasi kursi.

“Dapil Kota Solok I ditetapkan untuk wilayah Kecamatan Lubuk Sikarah karena merupakan wilayah kedudukan Ibu Kota Solok dan penetapan nomor Dapil selanjutnya dilakukan mengikuti arah jarum jam pada peta wilayah daerah yakni Dapil Kota Solok II untuk wilayah Kecamatan Tanjung Harapan,” jelas Ilham.

Seluruh peserta yang hadir diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan, kritik dan sara yang bersifat membangun dalam rangka penyempurnaan dan perbaikan serta suksesnya pelaksanaan pengawasan setiap tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024. (si)

 

 

Tags: ,