Event Sumarak Anak Nagari Tahun 2019 Mulai Bergulir

Event Sumarak Anak Nagari Tahun 2019 Mulai Bergulir

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok, Reinier, membuka secara resmi event tahunan pentas seni dan budaya Sumarak Anak Nagari yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Solok. Pementasan perdana di tahun 2019 ini dilaksanakan Sabtu (9/3/2019) malam bertempat di halaman Rumah Gadang Simpang Denpal.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri, selaku panitia pelaksana melaporkan bahwa kegiatan Sumarak Anak Nagari kali ini sengaja dibuat berbeda dengan latar belakang Rumah Gadang dengan menampilkan nuansa Minangkabau yang masih kental.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan, untuk menampilkan sanggar-sanggar seni serta menampilkan putra-putri terbaik yang dimiliki Kota Solok dalam upaya pelestarian dan pembinaan seni baik tradisi maupun seni kreasi. Disamping itu juga memberikan hiburan kepada masyarakat Kota Solok serta meningkatkan keciantaan terhadap seni tradisi Minangkabau.” jelas Kadis.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Asisten II Setda Kota Solok, Ketua GOW Kota Solok, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Kepala OPD, Ketua KPUD Kota Solok, Kepala Sekolah serta pimpinan sanggar seni ini merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap bulannya dengan tema yang berbeda-beda.

Pada kesempatan ini ditampilkan kebolehan peserta Sanggar Lubuak Nan Tigo yang merupakan wakil Indonesia untuk kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan di Thailand. Selain itu, penonton juga dihibur tarian memukau buluah sarueh dari SMPN 2 Kota Solok dan Sanggar Galatiak. Penonton juga tak henti-hentinya berdecak kagum dengan suara merdu dari Najia Rosyada Nazsha yang merupakan pemenang FLS2N tingkat SD. Sebagai penutup sanggar Alang Bangkeh berhasil memukau penonton Tari Marancah yang menampilkan atraksi tari piring dan permainan api yang benar-benar luar biasa.

Wakil Walikota, Reinier, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat terus dilaksanakan guna menumbuh kembangkan kesenian-kesenian yang ada di Kota Solok serta dapat menjadi wadah bagi pelaku-pelaku seni.

“Kegiatan ini tentunya tidak hanya menjadi tempat penampilan seni saja, tetapi juga menjadi tempat untuk saling bersilaturrahmi antara seluruh masyarakat. Disamping itu juga untuk menyampaikan aspirasi yang ada di masyarakat,” kata Wawako.

Dalam kesempatan ini, Ketua LKAAM, H. Rusli Khatib Sulaiman menyampaikan kegundahannya mengenai kenakalan remaja, narkoba dan LGBT yang makin marak di Kota Solok ini. “Semoga dengan kegiatan serupa ini hal-hal yang menjadi masalah dikalangan generasi muda ini dapat ditekan,” tutur ketua LKAAM.

Selanjutnya, Ketua LKAAM juga berpesan agar pelaksanaan Pemilu ini dapat berjalan lancar, tertib dan damai, jangan sampai merusak tatanan hidup bermasyarakat yang selama ini telah terjaga.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, H. Irman Yefri Adang dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat luar Kota Solok untuk datang berkunjung. “Apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Solok yang telah meletakkan iman dan taqwa menjadi misi utama pemerintah. Diharapkan dengan kegiatan Sumarak Anak Nagari ini akan dapat menjauhkan generasi muda kita dari hal-hal negatif sehingga kita dapat mewujudkan Kota Solok menjadi Kota Beras Serambi Madinah,”

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, KPUD Kota Solok juga ikut menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai. Ketua KPUD Asraf Danil, dalam kesempatan ini juga membagi-bagikan door prize kepada masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan seputar Pemilu. Tentunya hal ini membuat masyarakat yang hadir menjadi makin bersemangat. (sn)

Tags: , , , ,