Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Faiz Azka, Siswa SMPN 1 Solok Terpilih Ikuti Jambore Pramuka Dunia di Korsel

Faiz Azka, Siswa SMPN 1 Solok Terpilih Ikuti Jambore Pramuka Dunia di Korsel

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok melepas satu orang anggota Pramuka Kota Solok yang akan mengikuti World Scout Jamboree atau Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan pada tanggal 1 – 12 Agustus 2023 mendatang.

Faiz Azka, merupakan satu-satunya peserta terpilih dan mewakili Kwartir Cabang 0310 Kota Solok mengikuti Jambore Dunia. Putra dari Bapak Fauzi dan Ibu Desri Marliza ini berasal dari pangkalan Gugus Depan SMP Negeri 1 Kota Solok.

Jambore Dunia Ke-25 ini akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan SaeManGeum, Buan City, Provinsi Jeollabuk, Korea Selatan dan diikuti oleh 50 ribu peserta dari 173 negara.

Jambore Dunia diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Peserta Jambore Dunia tidak hanya harus memiliki keterampilan pramuka, tetapi mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris karena komunikasi di arena perkemahan menggunakan bahasa Inggris.

Untuk menjadi peserta Jambore Pramuka Dunia harus melewati tahapan seleksi gugus depan atau sekolah, selanjutnya selesksi tingkat ranting atau kecamatan dan seleksi tingkat Kwarcab. Peserta terpilih adalah anggota Pramuka terbaik dari Kwarcab Kota Solok dengan memperhatikan keaktifan di Gugus Depan, kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan budaya dan seni Indonesia.

Dilaporkan bahwa Indonesia mengirimkan 1.789 orang, terdiri dari 1.310 peserta, 146 pembina pendamping, 93 sukarelawan International Service Team, visitor 240 orang.

Pelepasan dilaksanakan di ruang kerja Wawako di Balai Kota Solok, Kamis (27/7). Hadir juga dalam pelepasan tersebut Ketua Harian, Sekretaris Kwarcab, Waka Abdimas Humas, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kamabigus SMPN 1, Andalan Cabang dan orang tua peserta.

Dalam arahannya saat pelepasan, Ramadhani menyampaikan harapannya agar nantinya Faiz dapat memanfaatkan pengalaman yang tidak bisa dimiliki oleh setiap orang ini dengan baik untuk bertemu dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

“Jaga nama baik Indonesia, khususnya Kota Solok, hormati orang tua, selalu berkoordinasi dengan kakak Bindamping dan kakak-kakak peserta lainnya, hormati teman-teman, semoga selamat sampai tujuan. Kami berdoa agar berangkat dengan percaya diri dan pulang dengan selamat,” pesan Ketua Kwarcab.

Ketua Kwarcab juga menyebutkan, prestasi tertinggi ini bukan capaian akhir dan mudah-mudahan menjadi motivasi untuk berkiprah lebih jauh di gerakan Pramuka, terutama di sekolah dan gugus depan.

“Keluarga besar Pramuka Kota Solok juga mengucapkan terima aksih kepada orang tua dan pihak sekolah yang telah mendukung dan memotivasi anak kita untuk dapat mengikuti Jambore Dunia tahun 2023 ini,” tandas Ramadhani. (jho)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.