Fasilitasi IUMK Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil

Fasilitasi IUMK Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPK-UKM) Kota Solok mengadakan kegiatan sosialiasi tentang fasilitasi Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) bagi pelaku usaha mikro dan kecil, bertempat di Aula Keluharan VI Suku,  Rabu (13/3/2019).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 100 pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di kota Solok dan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumatera Barat, Ir. Nasrizal. MM

Mewakili Kepala Dinas, Kabid Koperasi dan UKM, Budi Kurniawan, S.STP, MM dalam sambutannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi bagi pelaku usaha mikro kecil di kota Solok tentang perlunya legalitas usaha.

Legalitas usaha tersebut berupa IUMK, yang diberikan kepada seseorang atau pelaku usaha/ kegiatan tertentu sehingga pemilik sertifikat/ izin mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan.

Kata dia, banyak pelaku usaha yang masih belum mengetahui mengenai soal perizinan terutama di Kota Solok. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah pengurusan IUMK melalui Camat.

“Banyak manfaat dari IUMK itu sendiri, yaitu lebih mudah menjalin kerja sama, legalitas, nilai tambah untuk akses permodalan, lokasi usaha yang dilindungi dan pengembangan usaha,” jelas Budi.

Narasumber, Ir Nasrizal, MM dalam materinya menjelaskan, ada dua tahap yang harus dipenuhi untuk mengurus IUMK.  tahap pertama adalah melengkapi dokumen persyaratan, tahap berikutnya adalah mengisi formulir IUMK.

Kelengkapan dokumen yang disyaratkan, antara lain, Surat Pengantar dari RT atau RW yang berhubungan dengan pembangunan usaha, fotokopi dan dokumen KTP asli, fotokopi dan dokumen KK asli, 2 lembar foto berukuran 4×6 cm, foto tempat usaha, bukti kepemilikan tanah/bangunan (milik sendiri/ sewa). Kemudian, mengisi formulir IUMK yang disediakan di kantor kelurahan atau kecamatan.

Setelah semua dokumen dipenuhi dan formulir terisi secara detail, selanjutnya adalah melampirkannya ke pejabat berwenang. Dalam hal ini pejabat tersebut adalah Camat. Camat sendiri telah mengantongi surat delegasi atau pelimpahan kewenangan untuk menyetujui IUMK dari Walikota.

Ketika ingin menerbitkan IUMK, maka data harus disetujui oleh Camat terlebih dahulu. Setelah itu, kartu IUMK akan segera dicetak sehingga segala aktivitas bisnis pelaku usaha mikro dan kecil akan bisa dimaksimalkan. (ts)

 

Tags: , , , , , , ,