Festival Budaya PIIACUF, SMPN 1 Solok Tampilkan Kesenian Minang

Festival Budaya PIIACUF,  SMPN 1 Solok Tampilkan Kesenian Minang

Malaysia, (InfoPublikSolok) – SMP Negeri 1 Kota Solok kembali harumkan nama Kota Solok pada ajang Internasional dengan mengikuti Festival Budaya dan Kesenian Islam Internasional Putrajaya atau Putrajaya International Islamic Arts and Culture Festival (PIIACUF) 2019 bertempat di Dataran Putrajaya dan Putrajaya Corperation Complex, Malaysia.

PIIACUF tahun ini bertemakan Keindahan Seni Muzik dan Vokal Dunia Islam. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa negara, seperti Malaysia, Bangladesh, Korea, Thailand, Marocco, Turki, Iran serta Indonesia.

Festival Seni dan Budaya Islam Internasional Putrajaya (PIIACUF) bertujuan mempelopori nilai-nilai Islam melalui perspektif masyarakat moderat di mana seni dan budaya menjadi pusat perhatian dalam menyampaikan pesan-pesan Islam kepada dunia.

Islam sebagai cara hidup memiliki andil yang adil dalam membentuk dunia selama berabad-abad. Dari para filsuf, pemikir, seniman, dan pemimpin terbaik, PIIACUF telah memamerkan beberapa karya terbaik Islam melalui pengorganisasian pameran, seminar, simposium, musik dan seni.

SMP Negeri 1 Kota Solok hadir dan menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang diundang oleh pihak PIIACUF 2019 untuk menampilkan beberapa kesenian tari dan vokal group, adapun tarian yang ditampilkan adalah tari kreasi Saruan Limpapeh dan Tari Panen. Selama 4 hari kegiatan siswa siswa tersebut menampilkan kesenian tari dan vokal group dibeberapa panggung yang telah ditentukan oleh panitia. Siswa SMP Negeri 1 Kota Solok yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 5 orang siswa dan mereka termasuk peserta festival yang termuda. Animo pengunjung PIIACUF sangat antusias dan terpukau menyaksikan kesenian Minang yang mereka tampilkan.

Menurut Kepala Sekolah, Yuldarmi, Bagi kami ini  merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggan bagi kita Kota Solok, Sumatera Barat dan Indonesia, karena kita diundang langsung oleh Perbadanan Putrajaya Malaysia untuk mengisi acara dan tampil pada ajang berkelas internasional ini. Semoga apa yang telah kita tampilkan  menjadi kebanggan buat kita semua, sehingga Kota Solok semakin terkenal di kancah internasional.

” Atas nama  SMPN 1 kami mengucapkan terima kasih kepada warga SMPN 1 Kota Solok, Dinas Pendidikan Kota Solok dan Pemerintah Daerah Kota Solok yang telah memberikan dukungan penuh terhadap kami, sehingga event telah selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar, ” tutup Yuldarmi. (af)

Tags: , , , , ,

%d blogger menyukai ini: