Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Festival RSBG 2023 Sukses, Transaksi Ekonomi Capai Miliaran Rupiah

Festival RSBG 2023 Sukses, Transaksi Ekonomi Capai Miliaran Rupiah

Solok, (InfoPublikSolok) – Gelaran Kharisma Even Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek gadang, yang dimulai tanggal 16 September 2023 di Hamparan Sawah Solok, resmi berakhir dalam sebuah penutupan yang meriah, Senin (18/9).

Penutupan acara ini dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harnelli Mahyeldi, Anggota DPRD Sumbar, Irzal Ilyas dan Daswippetra Dt. Mjj. Alam, Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma serta berbagai pihak yang ikut berkontribusi dalam kesuksesan acara ini.

Prosesi penutupan dimulai dengan ‘Bakaua Tulak Bala Padi Tabik’ yang diikuti 1.900 peserta dari berbagai penjuru di hamparan Sawah Solok.

Ketua pelaksana, Asisten II Setdako Solok, Jefrizal melaporkan acara ini merupakan sukses besar yang tidak hanya dimeriahkan warga Solok tetapi juga menjadi daya tarik bagi masyarakat luar kota.

“Event Rang Solok Baralek Gadang yang dihadiri lebih dari 20 ribu pengunjung setiap harinya berhasil menggerakkan ekonomi lokal dengan transaksi mencapai miliyaran rupiah,” ungkap Jefrizal.

Dalam penutupan acara, terucap rasa terima kasih kepada seluruh pemilik sawah yang telah menyediakan tempat untuk acara dan menjadikannya sebagai bagian penting dalam ikon Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wagub Audy Joinaldy mengucapkan terimakasih kepada kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Pemko Solok atas penyelenggaraan acara ini. Ia menekankan pentingnya acara ini dalam menggerakkan perekonomian secara langsung, terutama dalam mendukung agenda Visit Sumatera Barat 2023.

Wagub juga menyoroti keberhasilan Kota Solok dalam mencapai Universal Health Coverage tertinggi di Sumbar, pertumbuhan ekonomi yang baik, serta angka kemiskinan dan prevalansi stunting yang rendah.

Sementara, Wako Zul Elfian Umar menyampaikan rasa sukur atas dukungan semua pihak yang membuat gelaran Rang Solok Baralek Gadang berjalan lancar. Wako mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan visi ‘Kota Solok Berjuara’ yang mencakup berkah, kemajuan, dan kesejahteraan.

Ia juga mengumumkan rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Banda Panduang dan Stadion H. Marah Adin yang bakal diresmikan tahun 2024.

Setelah sukses menggelar Rang Solok Baralek Gadang selama tiga hari berturut-turut, Pemko Solok dan seluruh jajaran gotong-royong bersama untuk membersihkan hamparan Sawah Solok dari sampah, Selasa (19/9).

Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana menyatakan tekad untuk terus mempertahankan kolaborasi yang telah terjalin dan menjaga kebersihan hamparan Sawah Solok agar masyarakat merasa senang dan terbebas dari beban membersihkan sampah.

Dengan kebersihan yang terjaga, kata Wawako, diharapkan masyarakat akan dengan senang hati meminjamkan lahannya untuk event-event mendatang, seperti event RSBG dalam Kharisma Event Nusantara 2024 dan acara lain yang akan diadakan di hamparan sawah Solok. (*)

 

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.