Forum Anak Kota Solok Dilatih Percaya Diri Sampaikan Aspirasi

Forum Anak Kota Solok Dilatih Percaya Diri Sampaikan Aspirasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka Mewujudkan Kota Solok Menuju Kota Layak Anak, berbagai kegiatan Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak terus ditingkatkan.

Salah satu kegiatannya adalah Pelatihan Pemenuhan Hak Partisipasi Anak yang diikuti oleh 50 anak yang berasal dari Forum Anak Kelurahan, Forum Anak Kecamatan, Forum Anak Kota Solok serta kelompok anak/ organisasi anak di Kota Solok dengan Narasumber dari Ruang Anak Dunia (RUANDU) Foundation Sumatera Barat, Muharman S.Pt , bertempat di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Solok, Selasa (23/10).

“Tujuan dari pelatihan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok ini adalah memberikan pemahaman tentang Hak Partisipasi anak, mengasah dan mengembangkan kepercayaan diri anak, kecakapan anak memberikan dan menyampaikan aspirasi dan suara anak dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan nantinya,” ringkas Eva Murgana, SKM, Kabid Pemenuhan Hak Anak DPPPA Kota Solok.

“Anak perlu dilibatkan dalam pengambilan keputusan, termasuk dalam pengambilan keputusan rencana pembangunan daerah untuk mewujudkan kota yang layak bagi mereka. Partisipasi anak sesungguhnya merupakan dasar dan batu pijakan yang menjamin bahwa anak-anak merupakan subyek dari hak asasi manusia yang sama sehingga tidak selalu menjadi objek dari suatu proses pembangunan,” sambung Eva.

Saat ini, Pemerintah telah membentuk dan membina wadah partisipasi anak yang disebut Forum Anak, yang didalamnya beranggotakan seluruh anak dan pengurusnya terdiri dari perwakilan kelompok-kelompok anak. Forum anak ini dibentuk dengan tujuan untuk menjembatani kepentingan anak-anak dan kepentingan orang dewasa.

Partisipasi Anak menurut Permeneg. PP & PA Nomor 03 tahun 2011 tentang Kebijakan Partisipasi Anak dalam Pembangunan adalah keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan dan menikmati perubahan yang berkenaan dengan hidup mereka baik secara langsung maupun tidak langsung, yang dilaksanakan dengan persetujuan dan kemauan semua anak berdasarkan kesadaran dan pemahaman, sesuai dengan usia dan tingkat kematangan berfikir anak. (as)

Tags: , , , ,

%d blogger menyukai ini: