Fraksi-Fraksi DPRD Berikan Pandangan Umum Ranperda RPJMD Kota Solok 2021-2026

Fraksi-Fraksi DPRD Berikan Pandangan Umum Ranperda RPJMD Kota Solok 2021-2026

Solok, (InfoPublikSolok) – DPRD Kota Solok gelar Sidang Paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2021-2026, Rabu (7/8/2021).

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma didampingi Pimpinan DPRD, Efriyon Coneng dan Bayu Kharisma serta dihadiri Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya.

RPJMD merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang menjadi acuan dan arahan dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Dokumen RPJMD disusun berdasarkan visi dan misi kepala daerah terpilih yang selanjunya dijabarkan oleh OPD ke dalam rencana strategis daerah.

“Ranperda RPJMD ini harus dilakukan kajian secara komprehensif dengan mengacu kepada visi dan misi serta arah kebijakan pembangunan dalam perubahan RPJMD Kota Solok, nantinya harus sesuai dengan misi RPJMD Kota Solok yang menjadi tolak ukur. Sehingga kebijakan Pemerintah Daerah ke depannya mampu menuntaskan tujuan pembangunan, sasaran, strategi, dan arah kebijakan serta program yang dijabarkan secara rinci dalam dokumen rancangan akhir RPJMD Kota Solok dapat tercapai,” ungkap Nasril In Dt. Malintang Sutan dari Fraksi Golongan Karya.

Nasril In mengatakan, Fraksi Golkar mendukung penuh prioritas pembangunan daerah sekaligus dengan indikator kinerja daerah yang telah dirumuskan dalam rencana strategis Pemerintah Daerah.

Ranperda RPJMD merupakan pedoman bagi setiap OPD untuk melaksanakan 5 misi, yang ditetapkan dengan 5 tujuan, 14 sasaran, 50 strategi, dan 124 arah kebijakan pembangunan yang diimplementasikan melalui 64 program prioritas dan dilaksanakan oleh OPD Kota Solok.

“Tentunya ini merupakan tantangan bagi OPD untuk dapat mewujudkannya, sehingga diperlukan peningkaan kinerja dalam bentuk terjalinnya sinergitas antar lembaga dalam melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan. Untuk itu kami mengharapkan dengan disusunnya Ranperda RPJMD ini, Pemerintah Daerah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Solok dalam kondisi pandemi ini,” harapnya.

Andi Eka Putra mewakili Fraksi Solok Adil Makmur mengharapkan dalam penyusunan RPJMD memperhatikan aspirasi masyarakat sebagai konsekuensi dari terpilihnya kepala daerah dengan tetap mengacu pada rencana pembangunan jangka panjang daerah, kebijakan pembangunan jangka panjang dan menengah nasional serta dokumen perencanaan lainnya.

Sebagaimana diketahui, rancangan awal RPJMD tahun 2021-2026 mengacu kepada Peraturan Kementrian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 dengan penjabaran visi dan misi serta program kepala daerah memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW dan RPJMN.

Diakhir pandangan fraksi, Andi Eka Putra menyampaikan kepada Walikota agar selalu berkomitmen terhadap apa yang telah disepakati terkait aspirasi masyarakat, untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara legislatif dan eksekutif agar terwujudnya masyarakat Kota Solok yang sejahtera.

Sementara itu, juru bicara Fraksi Solok Bersatu, Amrinof Diaz Dt. Ula Gadang menyampaikan, dengan ditetapkannya RPJMD nantinya, Fraksi Solok Bersatu mengharapkan apabila terjadi perubahan struktur OPD, maka struktur kelembagaan baru tersebut harus menyesuaikan dengan urusan pemerintahan yang tercantum dalam RPJMD dan harus dibuat Renstra baru.

Fraksi Solok Bersatu tidak menginginkan adanya perubahan RPJMD 2021 yang telah disetujui nantinya kecuali substansi yang dirumuskan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan terjadinya perubahan yang berada di luar kemampuan daerah seperti bencana alam, guncangan politik, dan gangguan keamanan serta pemekaran wilayah kota atau kebijakan perubahan nasional, RPJMD harus benar-benar diperhatikan dan dipedomani oleh Pemerintah Kota dalam melaksanakan pembangunan di berbagai aspek,” tutupnya. (wh/re)

Tags: , , , , , , , ,